7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Paling Mudah, Mahasiswa Sudah Lakukan?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 14 Mar 2022 14:15 WIB
Kesehatan mata
Foto: Shutterstock/7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Paling Mudah
Jakarta -

Mata merupakan salah satu organ terpenting yang harus dijaga kesehatannya. Terlebih dengan tingginya penggunaan gadget dalam waktu yang lama dan tidak terkendali.

Menjaga kesehatan penting dilakukan sejak dini agar penglihatan tidak menurun atau bahkan sakit mata. Terutama bagi pelajar hingga mahasiswa yang setiap hari menggunakan gadget untuk belajar dan atau menonton hiburan.

Berikut ini 7 cara menjaga kesehatan mata dikutip dari akun instagram resmi Kemdikbud RI. Yuk simak!

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Konsumsi makanan sehat

Peneliti menunjukkan bahwa makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata adalah yang mengandung vitamin A, C, dan E seperti di dalam wortel, bayam, dan tomat.

2. Kurangi penggunaan gadget terlalu lama

Terlalu lama menatap gawai atau monitor dapat menyebabkan mata menjadi lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan pandangan menjadi kabur.

Oleh karena itu, berlatih dan disiplinkan diri tentang penggunaan gadget. Misal, hindarkan gadget ketika akan tidur dan setelah bangun tidur.

3. Lakukan pemeriksaan rutin mata

Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata cukup penting setidaknya setahun sekali. Deteksi dini merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Lakukan relaksasi

Melihat layar monitor selama berjam-jam tentu akan mengurangi kemampuan penglihatan secara perlahan. Termasuk saat bekerja atau belajar.

Lakukan relaksasi ringan pada mata cukup dengan melihat objek lain di sekitar selama beberapa waktu setiap 20 menit. Hal tersebut dapat mengurangi beban kerja mata.

5. Gunakan kacamata hitam

Mata yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat mengalami katarak lebih awal. Untuk menjaganya, gunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi terhadap sinar UV atau ultraviolet.

6. Lepas lensa kontak ketika ingin tidur

Bagi yang menggunakan kontak lensa, pastikan untuk melepaskannya sebelum tidur. Sebab, lensa kontak membuat kornea mata sulit melindungi bagian depan mata yang memerlukan oksigen, nutrisi, serta pelumas dari kornea mata kita.

7. Hindari rokok

Selain buruk untuk paru-paru, ternyata merokok dapat meningkatkan risiko gangguan mata seperti katarak, degenerasi makula, dan kerusakan pada saraf retina.

Nah, itulah 7 cara menjaga kesehatan mata paling mudah. Yuk mulai jaga kesehatan mata mulai sekarang!



Simak Video "Computer Vision Syndrome, Gejala Mata Lelah Gegara Layar Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia