Sunnah Khutbah Jumat, Benarkah Khatib Harus Selalu Menghadap Jamaah?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 11:59 WIB
Jokowi Salat Jumat di Bali
Ilustrasi Salat Jumat, yang sunnahnya khatib menghadap jamaah saat khutbah. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ada sejumlah sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW selama pelaksanaan khutbah Jumat dalam salat Jumat. Khususnya, sunnah yang dilakukan setelah khatib atau orang yang melakukan khutbah naik ke atas mimbar untuk mulai khutbah.

Apa benar salah satu sunnahnya adalah khatib harus selalu menghadap jamaah saat berkhutbah?

Permasalahan seputar khatib menghadap jamaahnya saat salat Jumat disebut dalam sejumlah riwayat hadits sebagai kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat menyampaikan khutbahnya.

Dalam artian, antara khatib dan jamaah berada pada posisi saling bertatap muka. Sebagaimana hadits yang ditulis oleh Baihaqi dalam Kitab as-Sunan al-Kubra, Rasulullah SAW selalu menghadapkan wajahnya ke arah kaum muslimin dan mengucapkan salam setelah naik ke atas mimbar.

Berikut bunyi haditsnya,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ عَلَى الْمِنْبَرِ اسْتَقْبَلَهُ أَصْحَابُهُ بِوُجُوهِهِمْ

Artinya: "Nabi Muhammad SAW sewaktu berdiri di atas mimbar, para sahabatnya menghadapkan wajahnya kepada beliau." (HR Ibnu Majah).

Hadits lain dari asy-Sya'bi yang dikutip dari buku Fiqih Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq juga menyebutkan bahwa para sahabat, Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab juga melakukan hal yang serupa. Tepatnya, menghadap para jamaah saat berkhutbah.

Tidak hanya khatib yang harus selalu menghadap jamaah saat khutbah, Rasulullah SAW juga mencontohkan sejumlah sunnah berikut yang biasa dilakukannya saat menyampaikan khutbah Jumat. Berikut penjelasannya.

5 Sunnah Khatib saat Khubah Jumat

1. Berdiri

Berdiri saat menyampaikan khutbah, secara gamblang dijelaskan dalam surat Al Jumu'ah ayat 11 sebagai berikut,

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: "Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: "Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan, dan Allah sebaik-baik pemberi rezeki."

2. Berkhutbah di atas mimbar

Mimbar berarti sebuah tempat yang tinggi. Mimbar Rasulullah SAW terdiri dari 3 tingkat tangga. Beliau berkhutbah pada tingkat tangga yang kedua dan duduk pada tingkat tangga yang ketiga.

Hal tersebut diriwayatkan oleh Ad-Darimi dan Abu Ya'la dalam penggalan hadits dari Anas bin Malik yang berbunyi,

"Maka, orang tersebut membuat untuk beliau mimbar dua tingkat dan beliau duduk pada tingkat ketiga..." (HR Ad-Darimi dan Abu Ya'la).

3. Mengawali dengan salam

Selaras dengan sunnah khatib yang harus selalu menghadap jamaah, sunnah berkhutbah lainnya adalah mengawalinya dengan salam. Rasulullah mengucap salam sebelum memulai khutbahnya. Begitupun dengan para sahabatnya.

Jabir RA meriwayatkan bahwa bila telah naik mimbar, Rasulullah SAW mengucapkan salam (HR Ibnu Majah).

4. Menjiwai khutbah

Dalam berkhutbah, Nabi Muhammad SAW tampak menjiwai setiap khutbah Jumat yang disampaikan. Sebagaimana dinukil dari hadits riwayat Imam Muslim, dari Jabir bin 'Abdillah sebagai berikut,

"Nabi Muhammad SAW apabila berkhutbah matanya memerah, suaranya meninggi, dan kemarahannya sangat. Sehingga bagaikan komandan pasukan perang yang sedang berkata: 'Musuh menyerang kalian pada pagi hari dan sore hari!" (HR Muslim).

5. Khutbah tidak terlalu lama

Sejumlah hadits menyebutkan bahwa khutbah Jumat hendaknya dilakukan dengan standar. Salah satunya dalam riwayat Muslim dan Abu Dawud,

كانت صلاة النبي صلى الله عليه وسلم قصدا وخطبته قصدا

Artinya: "Shalatnya Nabi sedang dan khutbahnya sedang." (HR Muslim dan Abu Dawud).

Berdasarkan penjelasan di atas, jadi sudah dipahami bahwa khatib yang harus selalu menghadap jamaah adalah sunnah khutbah, bukan? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya, detikers.



Simak Video "Cerita Jemaah Hadiri Salat Jumat Pertama di Masjid Istiqlal "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia