Dear Fresh Graduate, Ini 5 Tren Dunia Kerja Tahun 2022 yang Harus Diketahui

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 12:30 WIB
Successful freelancer working on computer while staying at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/BartekSzewczyk
Jakarta -

Tren kerja dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi seperti wacana metaverse.

Selain perkembangan teknologi, dunia kerja juga harus beradaptasi dengan pandemi COVID-19 yang belum juga usai. Nah kira-kira apa saja tren dunia kerja tahun 2022? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari akun Instagram Pra Kerja @prakerja.go.id:

5 Tren Dunia Kerja 2022:

1. Hybrid Working

Hybrid working adalah gabungan dari kebijakan work from home dan work from office. Jadi karyawan akan bekerja dari rumah dan kantor secara bergantian.

Selama pandemi, bekerja jarak jauh sudah menjadi kebiasaan. Remote working memungkinkan para pekerja untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

2. Datangnya Generasi Z

Generasi Z dikenal sebagai generasi yang memiliki pendekatan yang unik dan memiliki perspektif baru terhadap pekerjaan. Mereka sendiri lebih nyaman dengan budaya kerja yang fleksibel dan kerja serba digital.

3. Peduli dengan Kesehatan Mental

Tren kerja selanjutnya adalah perusahaan lebih peduli terhadap kesehatan mental. Kesehatan mental adalah hal penting yang terkadang luput dari perhatian.

Kesehatan mental dan situasi pandemi COVID 19 juga saling berkaitan. Untuk itu perusahaan harus berfokus untuk menyediakan lingkungan kerja yang inklusif bagi karyawan dengan perhatikan kesehatan mental mereka.

4. Fokus dalam Keseimbangan Kehidupan Kerja

Bekerja jarak jauh lebih memungkinkan karyawan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Hal ini dikarenakan karyawan dapat lebih dekat dengan keluarga.

Kebijakan tersebut dapat membuat karyawan lebih fokus untuk menikmati keseimbangan kehidupan kerja yang ideal tanpa harus mengorbankan salah satu dari dua aspek kehidupan tersebut.

5. Komunikasi yang Terpusat

Dengan sistem kerja hybrid dibutuhkan komunikasi secara terpusat. Komunikasi yang terpusat dapat menggunakan platform kolaboratif seperti Skype, Zoom, Google Meets, Slack, Microsoft Teams, dan yang lainnya.

Dengan platform tersebut dapat memungkinkan para profesional untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan secara real time.

Nah itulah tren kerja tahun 2022. Apakah detikers sudah melakukan atau merasakan tren itu?



Simak Video "Mengapa Seseorang Mengalami Gangguan Bipolar?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia