Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Sempurna Menurut Pakar Harvard

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 01 Jan 2022 17:00 WIB
Id be lost without my cellphone
Foto: Getty Images/Marco VDM/Ilustrasi Surat Lamaran Kerja
Jakarta -

Membuat Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja yang baik dan efektif merupakan hal yang tidak dipelajari ketika sekolah maupun kuliah. Oleh karena itu, seseorang perlu mempelajarinya untuk memulai karier di sebuah industri.


Pada era modern seperti saat ini, internet telah menyediakan banyak contoh atau tips membuat CV dan surat lamaran. Namun, perlu diperhatikan bahwa contoh itu bukan hanya untuk ditiru tapi dijadikan inspirasi.


Menurut pakar karier dari Harvard Extension School, Linda Spencer, terdapat dua kunci agar surat lamaran terlihat sempurna.


Pertama dengan menyampaikan bahwa pelamar adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut dan kedua pelamar akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan, dikutip dari laman Harvard Extension School.


Menurut Linda, manajer atau tim HRD hanya akan melihat surat tersebut tujuh detik sehingga disarankan untuk membuatnya secara padat dan jelas. Berikut contoh surat lamaran sempurna menurut Linda.


Membuat Dokumen Padat dan Jelas


Spencer menekankan bahwa penting untuk mengetahui bahwa resume dan surat lamaran adalah dokumen pemasaran. Selain itu, perlu diingat bahwa rata-rata HRD membutuhkan waktu sekitar tujuh detik untuk meninjau dokumen-dokumen tersebut.


Mereka hanya membaca sekilas, jadi, pelamar harus menuliskan dengan jelas subjek lamaran ditujukan dan posisi yang ingin dilamar.


Jangan Terlalu Panjang


Surat lamaran yang kuat tidak harus panjang. Satu hingga dua halaman yang menampilkan pencapaian tertinggi atau pengalaman yang dimiliki paling baik adalah hal cukup.


Hindari Penggunaan Kata 'Saya' yang Berlebihan


Spencer menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak kata 'saya' karena bisa menunjukkan bahwa pelamar adalah orang yang egois.

Dia juga menganjurkan agar pelamar tidak terlalu membahas mengenai diri sendiri namun lebih fokus kepada pada yang bisa diberikan kepada perusahaan.


Tunjukkan Antusiasme


Jangan lupa menunjukkan rasa antusiasme untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa apa yang kamu tuju di masa depan, memiliki visi serupa dengan apa yang akan kamu kerjakan di perusahaan tersebut.


Format Rapi dan Mudah Dipahami


Agar lebih mudah dipahami dan rapi, pastikan jika surat lamaran kerja harus punya bentuk dan ukuran tulisan yang konsisten yakni sama dan bisa dimuat dalam satu halaman. Jika akan membuat format dokumen dalam bentuk pdf, pastikan dokumen itu bisa diterima dengan baik.



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia