Benarkah Everest Bukan Gunung Tertinggi di Dunia? Ini Kata Peneliti

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 28 Des 2021 10:00 WIB
Nuptse peak near Gorak Shep village and signpost - Way to Everest base camp - Khumbu valley, Solukhumbu,  Nepal Himalayas mountains
Foto: (iStock)/Ilustrasi Gunung Everest
Jakarta -

Gunung Everest yang terletak Himalaya, Nepal dikenal dengan gunung tertinggi di dunia. Namun benarkah ada gunung yang lebih tinggi lagi?

Pengukuran puncak-puncak gunung sebagai yang tertinggi di bumi tergantung dari parameter yang digunakan. Termasuk tertinggi berdasarkan ketinggian gunung dari dasar ke atas atau ketinggian berdasarkan di atas permukaan air laut.

Memiliki Tinggi 8.848 meter di Atas Permukaan Laut

Ilustrasi Gunung EverestIlustrasi Puncak Gunung Everest Foto: iStockphoto

Melansir laman Live Science, para peneliti telah mengukur Gunung Everest berkali-kali selama beberapa dekade terakhir. Tetapi penilaian terbaru, yang diumumkan pada November 2021, menempatkannya pada ketinggian 29.031,69 kaki (8.848,86 meter) di atas permukaan laut.

Alasan penggunaan ukuran 'di atas permukaan laut' saat menentukan puncak tertinggi di dunia ini didasarkan pada permukaan yang konsisten.

"Agar memiliki komparabilitas dalam pengukuran, perlu memiliki dasar yang konsisten," ungkap Martin Price, seorang profesor dan direktur pendiri Pusat Studi Gunung di Universitas Dataran Tinggi dan Kepulauan di Skotlandia.

"Secara historis, dan bahkan sekarang, ketinggian biasanya diberikan sebagai ketinggian di atas permukaan laut rata-rata," katanya lebih lanjut.

Namun, menurut Martin acuan permukaan laut harus pada rata-rata standar yang ditentukan. Hal itu karena permukaan laut berbeda di berbagai belahan dunia dan bisa berubah karena perubahan iklim.

Lantas bagaimana jika pengukuran hanya dilakukan dari dasar ke puncak? Akankah Everest masih menduduki puncak yang tertinggi?

Gunung Everest Bukanlah yang Tertinggi

Cinder cone on the summit of Mauna Kea in Winter on the Big Island of Hawaii. Mauna Loa seen in the background.Gunung Mauna Kea, Hawaii Foto: Getty Images/iStockphoto/muchemistry

Apabila ketinggian gunung diukur berdasarkan dasar gunung hingga puncak, Gunung Mauna Kea yang ada di Hawaii adalah yang tertinggi di dunia.

Meskipun puncaknya adalah 13.802 kaki (4.205 meter) di atas permukaan laut dan kurang dari setengah ketinggian Everest, menurut National Geographic, mayoritas badan Mauna Kea tersembunyi di bawah permukaan laut.

Jika diukur dari dasar ke puncak, Gunung Mauna Kea tingginya adalah 33.497 kaki (10.211 meter), lebih tinggi sekitar 2.000 meter dari Gunung Everest menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Jadi bisa dikatakan, baik Gunung Everest atau Mauna Kea bisa menjadi gunung yang tertinggi di dunia tergantung parameter pengukurannya.

Gunung Tertinggi di Tata Surya

Wujud Olympus Mons yang Tiga Kali Lebih Tinggi dari EverestWujud Olympus Mons yang Tiga Kali Lebih Tinggi dari Everest Foto: NASA

Terlepas dari gunung mana yang tertinggi di dunia, masih jauh kalah dibandingkan dengan gunung Olympus Mons di Mars yang dinyatakan sebagai gunung berapi terbesar yang diketahui di tata surya.

Ketinggiannya sekitar 16 mil (25 km), menurut NASA, yang hampir tiga kali lebih tinggi dari Everest, dan diameter dasar 374 mil (601,9 km), yang jaraknya hampir sama memisahkan San Francisco dan Los Angeles (383,1 mil/616,5 km).

Di gunung tersebut juga ada kawah tumbukan yang disebut Rheasilvia di asteroid Vesta, yang merupakan bagian dari sabuk asteroid 100 juta mil dari bumi.

Di tengah kawah ini adalah puncak yang diyakini para ilmuwan bisa berada di ketinggian antara 12 dan 15,5 mil (20 dan 25 km), yang berarti itu mungkin gunung tertinggi di tata surya, menurut NASA Jet Propulsion Laboratory.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia