Generasi Alpha Melek Teknologi Banget, seperti Apa Cara Mendidiknya?

lus - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 19:00 WIB
Mother and daughter Having fun with laptop at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/Paperkites
Jakarta - Anak-anak di generasi Alpha adalah generasi pertama yang lahir sepenuhnya di abad ke-21. Mereka dimanjakan dengan kecanggihan teknologi dan beberapa dari mereka merupakan generasi pertama yang mengalami masa kanak-kanak dini yang mengalami pandemi virus corona.

Sehingga dapat dikatakan generasi Alpha ini menjadi generasi yang terjebak terlalu lama di rumah. Dan mungkin saja beberapa dari generasi Alpha ini kehilangan sosialisasi karena lama tidak dapat berkegiatan di luar rumah selama pandemi.

Mengenal Generasi Alpha

Mengutip dari aecf.org istilah generasi Alpha mengacu pada sekelompok individu yang lahir antara tahun 2010 sampai 2025. Ini adalah generasi setelah gen Z.

Generasi Alpha berada dalam rentang usia nol sampai 10 tahun. Walaupun banyak yang masih bayi, tetapi yang paling tua kelas 5 SD.

Membandingkan statistik generasi Alpha dengan generasi Z seperti halnya anggota grup itu sendiri. Akan tetapi dari segi keunggulan teknologi, anak-anak generasi Alpha memiliki keunggulan utama.

Dilansir dalam Inquirer Net, generasi Alpha tidak memiliki gambaran tentang 'normal lama' dan 'normal baru'. Apa yang mereka alami saat ini menjadi satu-satunya hal normal yang mereka ketahui.

Kedekatan orang tua perlu mengadakan kegiatan bermain dengan anak meskipun secara virtual untuk dapat bersosialisasi dalam kondisi pandemi. Durasi playdate atau bermain tidak boleh terlalu lama dan tentu kegiatan ini harus direncanakan sebelumnya.

Sehingga memungkinkan ketika keadaan sudah kembali normal, anak-anak bisa dengan mudah beradaptasi seperti yang dilakukan anak-anak pada umumnya.

Salah satu cara mendidik anak-anak adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik, melatih kemandirian, serta fokus pada pembelajaran. Sehingga anak-anak memiliki kemampuan berlatih tanpa harus orang tua ikut mengerjakan. Karena kita ingin anak-anak tetap fokus pada proses bukan nilai.

Lalu bagaimana cara mendidik anak-anak generasi Alpha ini supaya bisa lebih tangguh? KLIK Di SINI untuk penjelasan lengkapnya ya Bunda.



Simak Video "Begini Cara Ferry Salim Didik Anak-Anaknya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia