ADVERTISEMENT

4 Tips Mendidik Anak agar Mandiri, Bisa Dilakukan Orang Tua Sejak Dini

Kristina - detikEdu
Senin, 13 Sep 2021 11:00 WIB
Asian boy attending online classroom at home.
Foto: Getty Images/kohei_hara
Jakarta -

Menjadi pribadi yang mandiri dapat dibentuk sejak dini. Dalam hal ini, orang tua memegang peranan penting dalam mendidik anak.

Setiap anak memiliki masa tumbuh kembang yang berbeda. Pertumbuhan masing-masing anak dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti lingkungan hingga pola asuh orang tua sendiri.

Salah satu hal penting dalam pertumbuhan anak adalah membentuk kemandirian sejak dini. Mengenalkan anak pada hal-hal baru dapat memberi kepercayaan padanya untuk menentukan pilihan. Hal itu dapat menjadi salah satu cara untuk mendorong anak tumbuh mandiri.

Tips Mendidik Anak Agar Mandiri

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senin (13/9/2021), berikut 4 cara untuk mendidik anak yang dapat dilakukan oleh orang tua:

1. Dikenalkan dengan Hal Baru

Hal pertama yang dapat dilakukan orang tua dalam mendidik anak menjadi pribadi mandiri adalah berusaha mengenalkan mereka pada hal-hal yang baru. Cara ini juga dapat membuat anak tidak takut dalam menentukan keputusan.

2. Ajarkan Anak Menentukan Pilihannya

Memberikan keleluasaan kepada anak merupakan salah satu cara untuk melatih anak mandiri. Sebagai orang tua, sudah seharusnya tidak lagi memaksakan anak untuk mengambil pilihan tertentu. Jika tetap melakukannya, hal tersebut dapat membuat anak tidak nyaman, bahkan bisa tidak ikhlas dalam menjalani kewajibannya.

3. Hargai Setiap Usaha yang Dijalani Anak

Pada saat anak berhasil menumbuhkan sikap berani dan mandiri, maka orang tua perlu memberikan pujian atau apresiasi. Bahkan, anak yang mengalami kegagalan juga pantas memperoleh pujian dari orang tua.

4. Hindari Membandingkan Anak dengan yang Lain

Tips yang tidak kalah penting dalam mendidik anak agar mandiri adalah tidak membandingkan dengan orang lain. Orang tua harus percaya, setiap usaha yang dilakukan anak merupakan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkannya.

Hal tersebut bertujuan agar mereka bisa belajar dari kegagalan maupun keberhasilan. Alhasil anak bisa menjadi pribadi yang mandiri.



Simak Video "Polisi Tetapkan Orang Tua yang Rantai Anaknya di Bekasi Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia