Apa yang Menyebabkan Rasa Bahagia Bisa Muncul?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 15:30 WIB
Close-up of cheerful young woman. Portrait of beautiful happy female with long hair. She is in casuals at city.
Foto: Istock/xavierarnau
Jakarta -

Pernahkah berpikir bahwa kebahagiaan itu bisa diciptakan? Ternyata hal itu memang benar apabila seseorang bisa lebih memahami hormon yang ada di dalam tubuh.


Hormon yang dimaksud adalah hormon yang bisa memberi rasa bahagia atau gembira. Hormon tersebut dialirkan ke darah melalui pelepasan sistem endokrin.


Hormon kebahagiaan ini menjalankan fungsi penting untuk kinerja tubuh, mulai dari sistem reproduksi hingga suasana hati.


Di antara banyak hormon yang dilepaskan tersebut, ada 4 hormon yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan.


Apa saja 4 hormon kebahagiaan itu? Berikut ulasannya dikutip dari instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Selasa (23/11/2021).


4 Hormon Kebahagiaan:


1. Hormon Dopamin


Hormon dopamin yang bertanggung jawab pada perasaan baik setiap orang adalah hormon dan neurotransmitter penting dari sistem reward di otak.


Selain dikaitkan dengan sensasi menyenangkan, hormon ini juga berkaitan dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan masih banyak lagi.


Kadar hormon ini bisa ditingkatkan dengan olahraga, tertawa, memasak, hingga makan enak.


2. Hormon Oksitosin


Hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta memiliki peran penting terhadap persalinan, menyusui, dan ikatan orang tua dengan anak yang kuat.


Salah satu tugas hormon ini adalah meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan. Kadar hormon ini akan semakin meningkat saat tumbuh atau terjalin kasih sayang.


3. Hormon Endorfin


Hormon endorfin memiliki tugas penting untuk meredakan nyeri alami tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidak nyamanan.


Kadar hormon ini akan cenderung meningkat ketika melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan puas, seperti makan makanan lezat, belanja atau berolahraga.


4. Hormon Serotonin


Hormon serotonin adalah hormon dan neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, mood, tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.


Aktivitas yang bisa meningkatkan hormon serotonin di antaranya adalah mendengarkan musik, pijat atau relaksasi, jalan-jalan, dan berjemur.


Nah, itulah 4 hormon yang bisa menyebabkan rasa kebahagiaan muncul pada setiap orang. Dengan memahami ini, kamu bisa mengelola rasa bahagia dan melakukan aktivitas untuk meningkatkan kadar hormon kebahagiaan.



Simak Video "Indeks Kebahagiaan Warga DKI Turun, Wagub Balas Pamer Capaian"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia