Apa Itu DME yang Bakal Gantikan LPG? Ini Penjelasan BPPT

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 15 Nov 2021 13:15 WIB
Salah satu depot LPG di Tangsel
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Apakah detikers mengetahui tentang DME yang akan menggantikan LPG? DME adalah senyawa ether yang paling sederhana, berbentuk gas dan tidak berwarna dengan bau ether dan larut dalam air maupun dala minyak.

Senyawa ini juga tidak bersifat karsinogenik, teratogenic, mutagenik, dan tidak beracun. Penggunaan DME agar menghasilkan dampak lingkungan yang rendah. Dimana pembakarannya tidak menghasilkan asam belerang dan asap.

Karena senyawa DME yang tidak beracun, mudah dicairkan, dan mudah dalam penanganannya maka bahan ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar sektor rumah tangga. DME juga digunakan sebagai substitusi LPG dan minyak tanah, bahan bakar transportasi, bahan bakar pembangkit listrik, bahan baku produk kimia, dan sebagai pelarut.

Secara umum DME sendiri dapat digunakan sebagai materi pendingin (refrigerant), sebuah pendorong (propellant) untuk produk aerosol, bahan pelarut, agen ekstraksi, media reaksi kimia, dan bahan untuk pengelasan, pemotongan, dan pematrian dengan bahan bakar multifungsi.

Bagaimana Pemanfaatan DME Sebagai Pengganti LPG dan BBM?

DME dapat dimanfaatkan sebagai bahan alternatif pengganti LPG, LNG, minyak solar dan bensin dengan pembakaran bersih, dengan menggunakan mesin diesel, mesin bensin (30% DME / 70% LPG), dan turbin gas.

Melansir dari jurnal berjudul Pemanfaatan Dimethyl Ether (DME) sebagai Substitusi Bahan Bakar Minyak dan LPG karya Mohamad Sidik Boedoyo, DME adalah bahan bakar yang bersifat kurang melumasi. Oleh karena itu, penggunaan DME harus ditambah aditif untuk meningkatkan fungsi pelumasannya. Dapat ditambah dengan biodiesel atau minyak nabati sejumlah 5%-10%.

DME sangat mungkin dimanfaatkan untuk menggantikan LPG. Hal tersebut dikarenakan DME memiliki sifat-sifat dasar yang tidak terlalu berbeda. Pemanfaatan DME sebagai subtitusi LPG diperkirakan tidak merubah spesifikasi teknik tabung LPG.

Selain menggantikan karet penyekat (seal) dengan bahan yang cocok terhadap DME. Campuran 20% DME pada LPG sendiri tidak memerlukan perubahan apapun pada tabung dan perlengkapan LPG lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pemanfaatan DME untuk menggantikan LPG di masa depan. Apa menurut kalian ini merupakan opsi yang tepat?



Simak Video "Kazakhstan Mencekam, WNI Diminta Tak Keluar Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia