Benarkah Orang Jenius Suka Menunda? Yuk Kenali 7 Sifatnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 09:00 WIB
Reading, Child, Boys, Book, Learning
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Orang jenius memiliki kepribadian yang secara umum tercermin pada perilaku mereka. Terkadang sifat orang jenius tersebut dipandang aneh bagi banyak orang.

Apa saja sifat orang jenius yang harus diketahui? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman India Times:

Sifat Orang Jenius

1. Memikirkan Segala Hal

Pikiran orang jenius selalu bergerak. Mereka juga berpikir dengan perspektif yang berbeda. Dengan perspektif yang mereka miliki, mereka akan memahami jika permasalahan dapat dicari solusinya dan berinovasi dari hal tersebut.

2. Lapar akan Pengetahuan

Orang jenius selalu lapar akan pengetahuan dan akan bereksperimen dan eksplorasi setiap kemungkinan yang ada. Mereka juga sulit tidur jika tidak mempelajari sesuatu yang baru atau intropeksi sesuatu dari apa yang mereka pikirkan.

3. Mengakui Jika Tidak Mengetahui Sesuatu

Semakin anda kurang cerdas, semakin Anda melebih-lebihkan kemampuan mental anda. Sedangkan orang cerdas memiliki kemampuan untuk belajar lebih banyak tentang apa yang mereka tidak ketahui.

Mereka akan jujur ketika mereka benar-benar tidak mengetahui suatu fakta. Mereka juga menyadari bahwa ketidaktahuan akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempelajarinya.

4. Suka Menghabiskan Waktu Sendiri

Orang jenius suka menginvestasikan waktu dalam pikiran mereka sendiri. Mereka cenderung individualistis daripada yang lain. Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan orang-orang tidak hanya membuat mereka kurang puas, tetapi juga memberi mereka sedikit waktu untuk intropeksi pikiran sendiri.

Mereka juga tidak terhubung dengan orang-orang yang tidak mereka minati, mereka akan berbicara ketika merasa perlu.

5. Berantakan

Ciri unik orang jenius lainnya adalah berantakan. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Minnesota menyimpulkan jika orang jenius berantakan karena pikirannya disibukkan oleh hal lain. Para peneliti mengklaim bahwa hal itu menyebabkan hasil kreatif yang lebih baik.

6. Tidur Lebih Sedikit

Orang jenius lebih suka begadang. Menurut Psychology Today mengungkapkan orang yang suka begadang memiliki IQ yang lebih tinggi.

Pikiran mereka jarang tenang dan mereka cenderung sulit beristirahat dan memikirkan banyak hal. Orang seperti J.R.R. Tolkien, Pharrell Williams, Mark Zuckerberg, Charles Darwin dan Presiden Obama adalah contoh orang cerdas yang suka begadang.

7. Suka Menunda

Orang jenius ternyata juga suka menunda tugas. Maksudnya adalah mereka akan mengerjakan tugas yang lebih relevan bagi mereka. Mereka juga suka menunda pekerjaan karena berpikir akan memerlukan waktu yang lebih dari biasanya.

Sering kali dalam berkarya mereka melalui banyak pemikiran, kontemplasi, dan gagasan apapun yang mereka pikirkan.

Itulah sifat orang jenius yang harus diketahui oleh detikers. Apa kalian punya salah satunya?



Simak Video "Jangan 'Jebak' Anak ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia