17 Tanda Seseorang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi, Apa Saja?

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 03 Nov 2021 10:00 WIB
Three best friends hugging each other in the city.
Foto: iStock
Jakarta -

Kecerdasan emosional juga menentukan apakah seseorang kelak bisa berhasil dan bermanfaat bagi sekitarnya. Jadi, tidak hanya kecerdasan kognitif saja yang penting.

Pada laporan yang dimuat CNBC Internasional, para pemimpin sukses di dunia punya suatu karakter yang membedakan mereka dengan yang lain. Hal itu adalah kemampuan menyadari dan memantau perasaan mereka sendiri serta orang lain.

Dalam laporan tersebut juga disematkan penelitian mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dan performa kerja. Ditunjukkan bahwa semakin cerdas emosi yang dimiliki seseorang, semakin bagus juga performa kerjanya.

Peneliti Harvard sekaligus penulis Daniel Goleman menyebutkan empat faktor utama kecerdasan emosional. Seluruh faktor ini juga mempunyai 12 ciri kecerdasan emosional.

Sebelum membahas lebih detail, keempat faktor ini adalah self awareness atau kesadaran diri, self management atau manajemen diir sendiri, social awareness atau kesadaran social, serta relationship management atau manajemen hubungan.

Di samping itu, seorang penulis dan instruktur kepemimpinan mark Murphy juga mempunyai sejumlah pendapat tentang tanda seseorang punya kecerdasan emosional yang baik. Dirangkum dari kedua penulis itu, simak seluruh karakteristiknya di bawah ini.

17 Tanda Punya Kecerdasan Emosional Tinggi

1. Kesadaran Emosional

Kesadaran emosional adalah bagian dari kesadaran diri. Kesadaran diri adalah kemampuan memahami perasaan diri sendiri.

Keterampilan ini membuat kamu memahami apa yang sedang dirasakan dan kenapa. Juga apakah perasaan itu membantu atau justru menghambat apa yang sedang kamu kerjakan.

Kesadaran emosional juga membantu memahami kekuatan dan keterbatasan. Kamu akan tahu kapan bisa memanfaatkannya dan kapan harus meminta tolong pada tim.

Kamu punya pandangan jelas soal nilai dan tujuan, sehingga lebih tegas saat melakukan sesuatu.

2. Dapat Mengontrol Emosi

Kemampuan mengontrol emosi adalah bagian dari manajemen diri. Manajemen diri adalah keterampilan mengendalikan emosi serta dorongan yang mengganggu.

Seseorang yang punya kemampuan mengontrol emosi akan tetap bisa tenang di bawah tekanan. Jika kamu memilikinya, kamu juga bisa cepat bangkit dari keterpurukan.

Saat memiliki kemampuan ini, kamu akan dapat menyeimbangkan perasaan demi kebaikan pada diri sendiri dan orang lain atau demi kebaikan tugas yang sedang dikerjakan.

3. Adaptif

Kemampuan beradaptasi juga termasuk pada manajemen diri. Apabila memilikinya, kamu bisa dengan lincah menghadapi perubahan dan ketidakpastian.

4. Mempunyai Target Pencapaian

Memiliki target adalah salah satu kemampuan manajemen diri. Kamu dengan keterampilan ini akan memiliki hasrat melampaui standar. Di samping itu, kamu pun dapat mengapresiasi timbal balik atau performa diri.

5. Memiliki Pandangan Positif

Ciri terakhir dalam kemampuan manajemen diri adalah mempunyai pandangan positif. Artinya, kamu bisa melihat hal baik pada diri seseorang, peristiwa, dan situasi.

Kemampuan ini membuat kamu bisa membangun ketahanan diri dan melihat peluang serta inovasi.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia