Mengenal 6 Jenis Kecerdasan Manusia, Kamu Termasuk yang Mana?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 08:30 WIB
Ilustrasi otak
Foto: Thinkstock/Greyfebruary/Mengenal 6 Jenis Kecerdasan Manusia, Kamu Termasuk yang Mana?
Jakarta - Setiap manusia dilahirkan dengan kecerdasan berbeda-beda. Kecerdasan itu bisa dikenali dari kemampuan-kemampuan diri yang menonjol, seperti kemampuan verbal, visual, musikal, dan lain-lainnya.


Menurut peneliti dan dosen Kognisi dan Pendidikan Sekolah Pascasarjana Pendidikan Harvard University, Howard dan Elisabeth, tidak ada orang yang tidak cerdas, karena setiap individu adalah unik.


Artinya setiap orang bisa diidentifikasi memiliki kecerdasan tersendiri. Hal itu tidak bisa disamaratakan atau dibandingkan dengan yang lainnya.


Merangkum laman instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), berikut ini 6 jenis kecerdasan manusia.


6 Jenis Kecerdasan Manusia:


1. Kecerdasan Linguistik


Jenis kecerdasan yang pertama ada kecerdasan linguistik. Kecerdasan ini berkaitan erat dengan kata-kata, baik lisan maupun tertulis. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung pintar mengolah kata.


Selain itu, mereka juga punya sensitivitas yang baik terhadap suara, makna, dan ritme kata-kata.


2. Kecerdasan Visual-Spasial


Seperti namanya, orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kecakapan dalam urusan visual. Seperti kemampuan menangkap warna, arah, dan ruang secara akurat serta mengubah penangkapannya ke dalam bentuk lain seperti dekorasi, arsitektur, lukisan, dan patung.


Orang dengan kecerdasan spasial-visual juga punya kemampuan untuk berpikir dalam rupa gambar dan foto, untuk memvisualisasikan pikirannya secara abstrak dan akurat.


3. Kecerdasan Musikal


Orang yang pintar dalam bermusik cenderung memiliki kecerdasan spesifik seperti musikal ini. Mereka memiliki kemampuan menangkap bunyi-bunyian, membedakan, menggubah, dan mengekspresikan diri melalui bunyi-bunyi atau suara-suara yang bernada dan berirama.


4. Kecerdasan Kinestetik


Kecerdasan kinestetik terkait dengan kemampuan dalam menggunakan gerak seluruh tubuh. Kecerdasan ini sanggup mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan mempergunakan tangan untuk mencipta atau mengubah sesuatu.


Orang dengan kecerdasan kinestetik juga mampu mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan baik, misalnya pemain bola mengendalikan bolanya.


5. Kecerdasan Logis-Matematis


Selanjutnya ada orang dengan kecerdasan logis matematis. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika.


Orang dengan kecerdasan logis-matematis memiliki kemampuan untuk berpikir secara konseptual, dan punya kapasitas untuk membedah pola numerik dan logika.


6. Kecerdasan Naturalis


Jenis kecerdasan naturalis mengacu pada kemampuannya mengenali dan mengklasifikasikan hal-hal di alam, serta peka terhadap alam dan lingkungan.


Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kecenderungan suka merawat alam atau menyukai segala hal yang alami.


Nah, itulah 6 jenis kecerdasan manusia yang bisa dikenali untuk memaksimalkan potensi diri. Kalau detikers termasuk yang mana?

Simak Video "Mantan Pacar Diego Maradona Diperiksa Kasus Perdagangan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia