Rachel Vennya Kabur dari Wisma Atlet, Ini Aturan yang Bisa Menjeratnya

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 16:00 WIB
Rachel Vennya
Foto: Dok. Instagram @rachelvennya/Rachel Vennya Kabur dari Wisma Atlet, Ini Aturan yang Bisa Menjeratnya
Jakarta - Seorang anggota TNI membantu selebgram Rachel Vennya kabur saat karantina usai pulang dari luar negeri di Wisma Atlet. Ia pun terancam dipidana karena pelanggaran tersebut,

Ketua Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi persnya menjelaskan bahwa pelanggaran aturan karantina tertuang dalam UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular, dan UU Nomor 6 Tahun 2018.

"Jika ada pihak-pihak yang tidak mengindahkan imbauan untuk karantina, maka dapat dikenakan sanksi sebagaimana yang tertera dalam pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018," kata Wiku pada Kamis (14/10/2021) dikutip dari CNN Indonesia.

Aturan yang Bisa Menjerat Rachel Vennya

Dilihat detikEdu, berdasarkan pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018, kasus Rachel Vennya kabur dari karantina di Wisma Atlet dapat dikenakan denda paling banyak mencapai Rp 100 juta atau pidana penjara paling lama 1 tahun.

"Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)," tulis aturan tersebut.

Sedangkan, pada pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 diketahui bahwa perilaku yang dilakukan Rachel Vennya termasuk dalam menghalangi pelaksaanaan penanggulangan wabah. Sehingga ia bisa terancam pidana.

"Barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)," bunyi aturan tersebut.

Mantan istri dari Niko Al Hakim ini sendiri telah meminta maaf melalui fitur story di akun Instagram resminya. Namun, ia tidak mengakui secara langsung kabar kaburnya dari Wisma Atlet.

"Hallo teman-teman semua.. Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku. Kadang aku nyakitin orang lain, merugikan orang lain, egois & sombong. Aku minta maaf yg sebesar-besarnya. Dan semoga semua hal buruk yg pernah aku lakukan di hidup aku menjadi pelajaran buat aku. Untuk selalu berfikir saat melangkah ke depan dengan baik,. Untuk sahabat2 online aku yg belum pernah ketemu aku tapi selalu ngedukung aku dari dulu, aku mau bilang terima kasih. -Rachel Vennya-" tulis dia.

Sementara itu, anggota TNI berinisial FS yang diduga membantu Rachel Vennya kabur dari Wisma Atlet dinonaktfifkan dari kesatuan TNI. Bahkan, ia juga terancam pidana.

"Untuk sanksi menunggu hasil penyelidikan dari Polisi Milter. Nanti akan ada apakah hukuman disiplin atau hukuman pidana," ungkap Kapendam Jaya Kolonel, Arh Herwin BS di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (15/10/2021).

Detikers, tetap patuhi aturan yang berlaku untuk mencegah penyebaran virus corona ya!



Simak Video "Berkas Lengkap, Rachel Vennya Segera Disidang atas Kasus Kabur Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia