Syarat Naik Pesawat 2021 Paling Terbaru, Sudah Tahu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 13:45 WIB
Syarat Naik Pesawat September 2021 Terkini, Cek di Sini
Foto: Grandyos Zafna/Syarat Naik Pesawat 2021 Paling Terbaru, Sudah Tahu?
Jakarta - Kondisi pandemi di Indonesia per 19 September 2021 telah melewati zona merah COVID-19. Berdasarkan data covid19.go.id, seluruh wilayah di Tanah Air masuk ke dalam zona oranye, kuning, dan hijau. Lantas, bagaimana syarat naik pesawat saat ini?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada Senin (20/9) lalu, bahwa kasus konfirmasi COVID-19 secara nasional telah berada di bawah 2.000 kasus.


Selain itu, kasus aktif juga sudah lebih rendah, bahkan di Jawa-Bali kasus harian telah turun hingga 98 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli 2021.

"Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2," ujar Luhut saat konferensi pers pada Senin 20 September 2021.

Meski begitu, pemerintah kembali memperpanjang aturan PPKM, mulai dari 21 September sampai 4 Oktober 2021. Hal ini juga berdampak pada aturan atau syarat dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Dalam dua pekan ke depan, pemerintah memperbolehkan penggunaan tes RT-PCR atau rapid antigen sebagai syarat penerbangan. Ketentuan ini berlaku untuk daerah dengan status PPKM Level 3 maupun Level 2 di Jawa-Bali.

Adapun syarat naik pesawat terbang Jawa-Bali terbaru tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 dan diperbaharui per 21 September 2021 adalah sebagai berikut.

1. Menunjukkan kartu vaksin, minimal vaksinasi dosis pertama

2. Menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api dan kapal laut

3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2 hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar dari Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek

4. Untuk perjalanan dengan pesawat udara antar kota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR H-2 jika baru memperoleh vaksin dosis pertama

5. Untuk kedatangan penerbangan internasional kini juga sudah diatur bahwa pintu masuk pesawat udara hanya melalui dua bandara yakni Bandara Udara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Adapun, sejumlah syarat naik pesawat terbang untuk pelaku perjalanan internasional atau luar negeri yang masuk ke Indonesia yakni harus sudah divaksin sebanyak dua dosis.

Bagi warga negara Indonesia (WNI) yang belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina saat tiba di Indonesia. Sedangkan bagi warga negara asing (WNA) diwajibkan sudah menerima vaksin dosis lengkap (dua dosis) untuk masuk ke Indonesia.

6. Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.


Tentu sebelum memenuhi lima poin di atas, detikers perlu memastikan terlebih dahulu bahwa saat melakukan perjalanan memiliki suhu tubuh di angka normal atau berada di angka 36 derajat celcius.

Nah, sekarang detikers sudah tahu kan syarat naik pesawat terbaru? Tetap hati-hati dan disiplin prokes jika bepergian ya, detikers!

Simak Video "Aturan Terbaru Naik Pesawat Selama Perpanjangan PPKM Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia