Apakah Benar Orang Bertangan Kidal Lebih Cerdas? Ini Faktanya

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 25 Sep 2021 08:00 WIB
DNA sifat kidal ditemukan, pemiliknya mungkin punya kemampuan verbal lebih baik dari kebanyakan orang
Foto: BBC Magazine
Jakarta - Ada anggapan orang-orang bertangan kidal lebih pintar daripada yang kerap menggunakan tangan kanan. Dikutip dari Live Science, orang kidal hanya 10 persen dari total populasi di dunia.

Faktanya banyak tokoh dunia adalah kidal misalnya George H. W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama. Tokoh lainnya adalah Leonardo da Vinci, Paul Mc Cartney, David Bowie, Nikola tesla, dan Oprah Winfrey.

Sebuah riset dilakukan untuk mengetahui kebenaran orang kidal lebih pintar. Riset dilakukan Giovanni Sala dari Fujita Health University, Jepang, kepada 2.300 siswa berusia 6-17 tahun.

Riset di Italia ini bertujuan mengukur pencapaian matematika pada siswa yang kidal dan tidak. Hasilnya, tidak ditemukan perbedaan saat responden riset mengerjakan soal matematika yang mudah.

"Tetapi, siswa-siswa bertangan kidal menunjukkan keunggulan yang signifikan pada soal yang lebih sulit," tulis riset tersebut.

Terkait hasil ini periset mengatakan, tangan kidal diasosiasikan dengan perbedaan struktur otak. Sebuah meta analisis tahun 1995 menyatakan, orang kidal memiliki corpus callosum lebih besar.

Corpus callosum adalah kumpulan serabut saraf yang menghubungan dua belahan otak. Menurut Sala, hubungan yang lebih kuat inilah yang memungkinkan orang kidal memiliki kemampuan spasial lebih baik.

Kemampuan spasial berhubungan dengan matematika karena sering dikonseptualisasikan dalam ruang. Namun kecenderungan penggunaan tangan adalah hal kompleks, yang bisa menguntungkan atau merugikan.

Bertangan kidal dapat diakibatkan beberapa jenis kerusakan otak. Belahan otak kanan harus mengambil alih tugas bagian kiri karena ada kerusakan. Dalam kondisi ini bertangan kidal adalah merugikan.

Kerusakan ini dibahas studi tahun 1985 yang diterbitkan jurnal Brain and Cognition. Kerusakan disebabkan semacam luka sebelum lahir. Hal sebaliknya terjadi bila kerusakan ada di otak kanan.

Studi tersebut menyebut kidal semacam ini sebagai kidal patologis, karena sering dihubungkan dengan masalah belajar. Kidal juga diteliti dalam riset yang terbit di Neuroscience and Behavioral Review 2017.

Riset menemukan, orang yang beraktivitas menggunakan tangan kanan memiliki IQ lebih tinggi daripada mereka yang kidal. Studi masih belum menemukan jawaban apakah preferensi penggunaan tangan terkait dengan kecerdasan, atau apakah ada hubungan antara ketrampilan tangan relatif dengan kecerdasan.

Nah, itu dia fakta tentang kecerdasan pada orang bertangan kidal. Bagaimana menurut detikers?

Simak Video "Canggih! Facebook Luncurkan Kacamata Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia