Cara Menghitung Net National Income Lengkap dengan Rumusnya

Kristina - detikEdu
Rabu, 22 Sep 2021 17:30 WIB
Ilustrasi Uang
Foto: Ari Saputra / detikcom/Cara Menghitung Net National Income Lengkap dengan Rumusnya
Jakarta - Pendapatan Nasional Neto atau Net National Income (NNI) adalah pendapatan yang dihitung berdasarkan jumlah balas jasa yang diterima masyarakat pemilik faktor produksi. Net National Income diperoleh dari Produk Nasional Neto (PNN) dikurangi pajak tidak langsung (indirect tax) ditambah subsidi.

NNI merupakan salah satu bagian dari pendapatan nasional. Dikutip dari Modul Pembelajaran Ekonomi SMA oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pendapatan nasional diartikan sebagai jumlah pendapatan masyarakat dalam periode tertentu, biasanya dalam kurun waktu satu tahun.

Pendapatan nasional memberikan gambaran tentang tingkat produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara. Dalam menghitung pendapatan nasional, terdapat beberapa konsep yang perlu dipahami. Mulai dari Produk Domestik Bruto hingga NNI.

Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto (PDB atau GDP)

PDB merupakan jumlah produk (barang dan jasa) yang dihasilkan oleh unit produksi dalam suatu negara (domestik) selama satu tahun.

2. Produk Nasional Bruto (PNB atau GNP)

PNB adalah jumlah seluruh produk (barang dan jasa) suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. PNB ini dihasilkan oleh seluruh warga negara baik di dalam maupun luar negeri.

3. Produk Nasional Neto (PNN atau NNP)

NNP merupakan nilai pasar produk (barang dan jasa) yang dihasilkan dalam waktu satu tahun.

4. Pendapatan Nasional Neto atau (NNI)

NNI merupakan pendapatan yang diperoleh dari jumlah balas jasa yang diterima masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. NNI juga dapat diartikan sebagai nilai bersih barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara.

5. Pendapatan Perorangan (PI)

PI merupakan seluruh pendapatan yang benar-benar diterima masyarakat atau disebut juga pendapatan pribadi. Pendapatan ini diluar dari pendapatan nasional.

6. Pendapatan Bebas (DI)

DI merupakan pendapatan yang bisa digunakan oleh penerimanya untuk membeli barang dan jasa yang diinginkan. Pendapatan ini diperoleh dari pendapatan pribadi dikurangi pajak yang harus dibayar oleh penerima pendapatan.

Rumus Net National Income

Salah satu pendapatan nasional yang dipelajari oleh siswa adalah NNI. Secara umum, NNI diperoleh dari Produk Nasional Neto dikurangi pajak tidak langsung. Namun, dalam beberapa sumber, Produk Nasional Neto tersebut dikurangi pajak tidak langsung dan subsidi.

Rumus NNI :

NNI = PNN - pajak tidak langsung + subsidi

Dikutip dari Ensiklopedia Seri Pendapatan Nasional oleh Chabibah, pajak tidak langsung dalam penghitungan NNI adalah pajak yang bebannya dialihkan kepada pihak lain, seperti pajak penjualan, pajak hadiah, dan semacamnya.

Pajak tersebut juga dikenakan kepada wajib pajak dalam peristiwa tertentu, seperti pajak pertambahan nilai (PPN), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), dan lain-lain.

Nah, itulah penghitungan NNI atau Net National Income dalam konsep pendapatan nasional.

Simak Video "Ekonomi China Tumbuh 6,3 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia