4 Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 24 Agu 2021 14:12 WIB
Lamar Kekasih di Ladang Jagung
Jagung, salah satu contoh jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan yang merupakan sumber karbohidrat tinggi biasa menjadi dasar menu makan di seluruh dunia. Contoh, nasi adalah makanan pokok di Asia, pasta di Italia, dan roti di negara barat. Apa saja jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat?

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dengan nilai energi 4kkal per gram. Karbohidrat mengandung energi terbesar dalam menu seimbang, seperti dikutip dari buku Ilmu Gizi Dasar oleh Arie Dwi Alristina, S.KM., M.Kes, Rossa Kurnia Ethasari, S.Gz., M.Gz, Rizky Dzariyani Laili, S.Gz., M.P, dan Dewinta Hayudanti, S.Gz., M.Kes.

Karbohidrat merupakan zat gizi makro yang tersusun dari karbon dan air, berasal dari tumbuhan, dan dihasilkan melalui proses fotosistesis. Proses fotosintesis membentuk gula sederhana yang kemudian berpolimasi membentuk polisakarida.

Semua jenis karbohidrat terdiri atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Unit stuktural dasar karbohidrat adalah unit gula tunggal yang disebut monosakarida. Monosakarida adalah gula paling sederhana dan terdiri atas molekul tunggal.

Tiga monosakarida paling umum dalam jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Karbohidrat terdiri atas jenis karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Contoh jenis karbohidrat sederhana adalah monosakarida, disakarida, gula, alkohol, dan oligosakarida. Contoh karbohidrat kompleks yaitu polisakarida dan serat.

Contoh makanan yang merupakan sumber karbohidrat di antaranya yaitu beras, jagung, gandum, sagu, buah-buahan, biji-bijian, dan kentang.

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat selengkapnya sebagai berikut:

1. Serealia

Serealia mengandung pati, yaitu polisakarida utama yang terdapat pada tanama yang dikonsumsi sebagai bahan pangan pokok. Serealia mengandung bentuk pati amolisa dan amilopektin. Contoh serealia yaitu padi (beras), jagung, gandum, jelai, haver, dan gandum hitam.

2. Umbi-umbian

Umbi-umbian sebagai bahan makanan pokok juga mengandung pati amilosa dan amilopektin. Contoh umbi-umbian yaitu kentang, singkong, dan ubi jalar.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Kacang-kacangan juga mengandung pati amilosa dan amilopektin seperti umbi-umbian dan serealia. Contoh kacang-kacangan yaitu kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, lentil, kacang arab, kenari, almond, dan lain-lain.

4. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung fruktosa, jenis gula yang ditemukan dalam buah. Fruktosa juga disebut sebagai gula buah. Contoh jenis buah yang tinggi kandungan fruktosa yaitu apel, anggur, pisang, semangka, dan alpukat.

Nah, itu dia jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Selamat belajar, detikers!

Simak Video "Jokowi Mau Buah-buahan Nusantara Go Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia