Berapa Lama Sebaiknya Kita Berolahraga? Ini Durasi Tepat untuk Pemula

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 18 Jul 2021 10:41 WIB
Ilustrasi olahraga lari.
Foto: Shutterstock/Berapa Lama Sebaiknya Kita Berolahraga? Ini Durasi Tepat untuk Pemula
Jakarta - Apa detikers tahu, berapa lama sebaiknya kita berolahraga? Pada umumnya, seseorang melakukan olahraga di pagi, sore, atau malam hari.

Biasanya, waktu berolahraga ini menyesuaikan dengan kesibukan dan jadwal. Mengutip dari laman resmi Kemenkes, orang yang berolahraga di pagi hari akan memiliki semangat serta energi lebih besar ketika menjalani aktivitas di hari tersebut.

Sementara, berolahraga di sore hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam harinya. Walau begitu, disarankan juga untuk menghindari segala bentuk aktivitas olahraga ketika mendekati jam tidur.

Lantas, berapa lama sebaiknya kita berolahraga?

Sebetulnya, berolahraga tidak harus ke gym atau pusat kebugaran. Aktivitas seperti jalan cepat, naik turun tangga, maupun jogging juga dapat memacu metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Masih dari sumber yang sama, berapa lama sebaiknya kita berolahraga adalah 30-60 menit tiap latihan. Frekuensinya dapat dilakukan 3-5 kali per minggu dengan melakukan olahraga aerobik dan anaerobik berintensitas 60-80 Denyut Jantung Maksimal (DJM).

Selama berolahraga ini, kita juga harus menyelingi dengan waktu istirahat yang cukup agar tubuh memiliki waktu untuk memulihkan kondisi.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes menyebutkan, olahraga perlu dilakukan bertahap. Mulai dari pemanasan 5-10 menit dan diikuti pendinginan 5 menit.

Dalam berolahraga, seseorang juga perlu menghindari 'overused injury', yakni cedera dikarenakan intensitas dan durasi latihan yang berlebihan. Menurut Kemenkes, bertambah lamanya waktu berolahraga tidak selalu memberikan hasil lebih baik dibandingkan olahraga dalam waktu yang pendek.

  • Berapa menit olahraga untuk pemula?

Bagi pemula, Kemenkes menyarankan untuk menentukan target per minggu sesuai kesanggupan. Karena itu, penting untuk memperhatikan tingkat kemampuan awal sebelum menentukan tingkat kekerapan dalam berolahraga.

Pemula dapat memulai olahraga 10 menit per hari selama seminggu. Setelah itu, baru bisa menaikkan target hingga mencapai optimal.

Setelah melakukan olahraga secara teratur, kita perlu melakukan evaluasi. Penting juga untuk berolahraga sesuai dengan kondisi fisik.

Nah, sekarang terjawab sudah berapa lama sebaiknya kita berolahraga. Detikers, jangan sampai olahraga kalian berlebihan atau justru kurang ya!

Simak Video "Taliban Larang Wanita Ikut Kompetisi Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia