Siswa, Ini Lho 4 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Lusiana Mustinda - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 12:30 WIB
Healthy foods containing vitamin D. Top view
Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice
Jakarta - Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Selain dari suplemen, vitamin juga bisa kita dapatkan dari makan sayur dan buah.

Menurut Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO), disarankan konsumsi sayur dan buah sebanyak lima porsi per hari. Tentu hal ini bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada beberapa jenis vitamin yang perlu dikonsumsi. Apa saja?

1. Vitamin C

Dilansir dalam Cleveland Clinic, vitamin C merupakan vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh kamu rentan terhadap penyakit.

Vitamin C bisa kita temukan di makanan segar seperti jambu, jeruk, stroberi, bayam, pepaya serta brokoli. Menurut The Healthy, kebutuhan vitamin C setiap hari untuk wanita adalah sebesar 75 miligram. Sedangkan untuk pria 90 miligram per hari.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 dapat membantu dukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah sayuran hijau seperti buncis. Dan beberapa lauk hewani juga mengandung vitamin B6 seperti ikan dan ayam.

Selain untuk imun, vitamin B6 juga memainkan peran penting dalam memproduksi sel darah merah. Cukup konsumsi vitamin B6 juga bisa membuat siklus tidur lebih baik, selera makan dan tingkatkan suasana hati.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin E bisa ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Menurut My Food Data, kandungan vitamin E tertinggi ada pada biji bunga matahari.

Dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung 7,4 miligram vitamin E atau dapat mencukupi sekitar 49 persen dosis harian vitamin E.

Buah-buahan yang tinggi vitamin E adalah alpukat, tomat, delima, labu, pepaya hingga mangga.

4. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk menjaga sistem daya tahan tubuh, sehatkan pencernaan, peredaran darah dan saraf. Rata-rata kebutuhan vitamin D harian seseorang adalah 600 IU-800 IU. Batas aman asupan vitamin D untuk orang dewasa maksimal 4.000 IU per hari.

Namun jangan berlebihan mengonsumsi vitamin D ya. Karena asupan vitamin D berlebih yakni lebih dari 10.000 IU per hari bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan jaringan tubuh.

Melansir Healthline, vitamin D terkandung dalam ikan salmon, sarden, kuning telur, sereal serta yoghurt.

Cara termudah mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan vitamin, agar terhindar dari COVID-19 dan kekebalan sistem imun meningkat sebaiknya imbangi dengan olahraga teratur ya.



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia