BRI Ramadan Update

Serba Santan, Ini Cara Cegah Kolesterol Tinggi saat Lebaran dari Ahli Gizi

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 13 Mei 2021 15:00 WIB
Ketupat Sayur Padang RM Denai
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan dan juga tinggi lemak bisa membuat kolesterol darah naik. Mencegah kolesterol dan darah tinggi sebenarnya bukan hal yang berat, asalkan dari diri sendiri juga mempunyai komitmen untuk menjaga kesehatan.

Dan sebelum mengetahui lebih lanjut soal pencegahan kolesterol serta darah tinggi ini, perlu detikers ketahui terlebih dulu apa saja sih, penyebab kolesterol tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi ada cukup banyak, utamanya dikarenakan gaya hidup.

Beberapa penyebab kolesterol tinggi di antaranya adalah makan-makanan yang tidak sehat dengan kadar lemak jenuh tinggi, kurang gerak, konsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan, obesitas, riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi, diabetes, dan sebagainya, serta bertambahnya usia.

Di momen lebaran ini, sangat rawan peningkatan kolesterol secara signifikan karena hidangan khas Idul Fitri yang sarat akan kadar lemah jenuh tinggi.

Pakar gizi Departemen Gizi Masyarakat IPB, Prof. Hardinsyah, menjelaskan tentang apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi.

Menurut Prof. Hardin, sebetulnya sehari-hari kita juga menyantap kolesterol dan hal itu dibutuhkan, namun tidak boleh berlebih.

Beliau menyarankan agar di samping menyantap hidangan khas Lebaran, kita perlu mengkonsumsi serat. Kita dianjurkan untuk tidak lupa mengkonsumsi sayur dan buah agar kadar kolesterol tidak menanjak.

Sebaiknya, dalam sehari kita mengkonsumsi buah sebanyak dua kali, yaitu di siang hari dan sebelum tidur.

Adapun porsinya cukup dua buah saja. Dua buah-buahan ini hitungannya adalah apabila jika kita membeli satu kilo buah yang berisi delapan, di mana satu buah beratnya sekitar 125 gram.

Sambut Ramadhan Warga Banyuwangi Sajikan Ketupat dan Opor Ayam yang SakralSambut Ramadhan Warga Banyuwangi Sajikan Ketupat dan Opor Ayam yang Sakral Foto: Ardian Fanani/detikFood

Nah, selain membagikan tips mencegah kolesterol, Prof. Hardin juga memberikan pandangannya terkait pencegahan darah tinggi di momen Lebaran.

Untuk yang memiliki masalah terkait dengan hipertensi, Prof. Hardin menganjurkan untuk tidak serba 'ter'. Serba 'ter' yang dimaksud adalah terlalu asin.

Jika ternyata tekanan darahnya sudah terlanjur agak naik, maka menurut Prof. Hardin, sebaiknya perlu mengetahui terlebih dulu akar penyebabnya.

Jika memang tidak tahu penyebabnya, maka perlu konsultasi ke dokter dan tentu saja batasi konsumsi garam.

Tidak lupa pula untuk istirahat yang cukup serta mengontrol konsumsi lemak.

Nah, walaupun disarankan perlu banyak beristirahat, aktifitas fisik juga sebenarnya tetap harus dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang, tidak boleh hanya duduk terus. Lalu, jangan lupa juga untuk menghindarkan pikiran dari stres.

Terakhir, Prof. Hardin menyarankan untuk berpuasa pada hari ke-2 atau ke-3 lebaran karena berpuasa itu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah atau gula darah.

Itulah beberapa tips mencegah kolesterol dan darah tinggi menurut pakar gizi dari IPB. Jaga kesehatan di tengah lebaran ya, detikers!



Simak Video "Libur Lebaran, Wisatawan di Cikao Park Purwakarta Dites Covid-19 Acak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia