Kata Pengantar: Definisi, Cara Membuat, dan Contohnya untuk Karya Tulis

Kiki Faqiha - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 07:00 WIB
Female student with long hair sitting in the library while writing on the book with laptop at desk
Foto: iStock
Jakarta - Dalam membuat suatu karya tulis, umumnya pasti ada bagian kata pengantar di halaman paling awal. Apakah detikers masih kesulitan dalam membuat kata pengantar? Simak penjelasan cara membuat dan contohnya di sini.

Pengertian Kata Pengantar

Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Biasanya, kata pengantar berisi rasa syukur atau terima kasih dari penulis kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan suatu karya. Selain itu, tak jarang penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk menyempurnakan karya tulis selanjutnya.

Tujuan pembuatan kata pengantar, tentu agar pembaca mengetahui bahwa selama proses menyelesaikan karya, penulis melalui banyak hal dan mendapat bantuan dari pihak tertentu dalam penyusunan karya tulis.

Penulisan kata pengantar sangat penting karena terletak di halaman paling awal, sehingga akan menjadi bagian yang pertama kali dilihat oleh pembaca.

Dalam karya tulis berupa makalah, skripsi, proposal, laporan, dan lainnya, kata pengantar diperlukan agar pembaca bisa memahami bahasan atau pokok gagasan karya tulis tersebut.

Cara Membuat Kata Pengantar

Umumnya, kata pengantar dalam suatu karya tulis ilmiah hanya berjumlah satu halaman, paling banyak adalah dua halaman. Agar isinya bermakna, namun tetap singkat, padat, dan jelas, ada beberapa poin penting saat menyusunnya.

Kata pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Apa saja isi dari ketiga bagian itu?

Pertama adalah bagian pembuka. Pada bagian ini, biasanya terdiri dari ucapan syukur atau terima kasih dari penulis atas selesainya karya tulis. Ucapan ini ditujukan oleh penulis kepada Tuhan dan pihak-pihak yang terlibat dan penyusunan karya, misalnya orang tua, dosen, teman-teman, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, ada bagian isi. Bagian isi berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari karya tulis tersebut. Penulis akan memberi informasi singkat mengenai gambaran umum dari karya. Namun, di beberapa bentuk kata pengantar, bagian isi juga bisa berisi nama-nama pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis.

Terakhir, bagian penutup. Dalam bagian ini, biasanya penulis menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dalam karya yang dibuat. Kemudian, penulis juga meminta kritik dan saran yang membangun dengan tujuan dapat memperbaiki karya tulis yang selanjutnya akan dibuat.

Tak lupa, di bagian akhir ditulis tempat dan tanggal penyusunan, serta nama penulis atau penyusunnya.

Contoh Kata Pengantar

Agar lebih memahami seperti apa kata pengantar, berikut beberapa contoh kata pengantar dari berbagai sumber:

Contoh Kata Pengantar 1


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan proposal Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor yang berjudul "Pengembangan Model Ekowisata Agro dan Optimalisasi Potensi Desa Sagarahiang Sebagai Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai (Studi Kasus : Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan)" yang dilaksanakan sejak bulan Juni hingga Juli 2019.


Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada Ibu Dr. Ir. Arzyana Sunkar, M.Sc selaku dosen pembimbing lapang, Bapak Iman Budi Kortana, A.Md selaku Kepala Desa Sagarahiang beserta jajarannya, dan Bapak Ukad selaku pengelola situs sejarah di Desa Sagarahiang yang telah memberikan saran, arahan, dan masukannya. Terimakasih juga tidak lupa penulis ucapkan kepada seluruh pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu atas bantuan dan dukungannya. Semoga proposal ini dapat disetujui dan diterima.


Bogor, 10 Agustus 2019
Penulis


Contoh Kata Pengantar 2


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr Wb.
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul
"ANALISIS DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DI OPTIK KRIDA BANDUNG".
Adapun tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi jenjang strata satu (S1) di Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia.


Dengan keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis, maka penulis membutuhkan peran serta dari pihak lain dalam proses penyelesaian skripsi ini. Oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :


Bapak Ir. Dadang Sugianto, M.Sc., Selaku Rektor UNIKOM
Bapak Dr. Dhani Akhmad Arman Selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM.
Bapak Doni Munarman, S.E., M.Si. Selaku Ketua Jurusan Program Studi Manajemen Informatika UNIKOM.
Ibu Salimah, ST., MT., Selaku dosen pembimbing. Terima kasih atas semua waktu, bimbingan, saran dan nasehatnya selama penyusunan skripsi ini.
Ibu Kartika, S.Kom., MT., selaku dosen wali kelas MI-10 Angkatan 200
Ayah, Ibu, dan kakak-kakakku tercinta yang telah memberikan kasih sayang, doa dan semangat yang tiada henti. Semoga suatu saat aku dapat membanggakan kalian.
Bapak Bahrudin, selaku Branch Manager OPTIK KRIDA BANDUNG dan seluruh karyawan OPTIK KRIDA BANDUNG terima kasih atas semua bantuan yang diberikan.


Teman-teman di Jurusan Manajemen Informatika angkatan 2007 khususnya kelas MI-10 terima kasih atas bantuan dan dukungan kalian semua.
Di dalam penulisan skripsi ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin, walaupun demikian penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna. Untuk itu penulis akan selalu menerima segala masukkan yang ditujukan untuk menyempurnakan skripsi ini.
Akhir kata, penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

Bandung, 29 Mei 2020
Penulis


Cukup mudah bukan menyusun kata pengantar untuk karya tulis? Selamat mengerjakan, detikers!



Simak Video "Bimbingan Skripsi, Oknum Dosen di Gowa Minta-minta Bunga Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia