Untuk Apa Sih Kita Sahur? Ini 8 Manfaatnya bagi Keimanan

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 16 Apr 2021 16:00 WIB
Ornamental Arabic lantern with burning candle glowing at night. Festive greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem.n
Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph/Untuk Apa Sih Kita Sahur? Ini 8 Manfaatnya bagi Keimanan
Jakarta - Untuk apa sih kita sahur? Melansir dari situs Kementerian Agama, Sahur adalah sunah Rasullulah. Kesunahan saat sahur menjadi pembeda puasa umat islam dengan umat-umat sebelumnya.

Selain itu kesunahan sahur adalah mengakhirkan waktunya yaitu hingga terbit waktu fajar. Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit, dia bekata: "Kami makan sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian (setelah makan sahur) kami berdiri untuk melaksanakan sholat. Aku (Anas bin Malik) berkata: "Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat fajar)?" Zaid bin Tsabit berkata: '(seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca Al Quran) 50 ayat'."

Saat berpuasa seluruh umat Islam dianjurkan untuk melakukan sahur. Hal ini dikarenakan melakukan sahur pada saat Ramadhan merupakan suatu berkah. Nabi Saw bersabda, "Sahur itu semuanya berkah maka jangan kalian tinggalkan walaupun hanya dengan meneguk air saja karena Allah dan rasul-Nya senantiasa bershalawat untuk orang-orang yang makan sahur." (Hadist Shahih at-Targhib:1070).

Alasan untuk apa sih kita sahur adalah agar puasa yang dilakukan umat muslim dapat dilaksanakan dengan lancar. Saat sahur kita dianjurkan untuk meminum banyak air putih, makan makanan yang mengandung banyak cairan agar terhidrasi dengan baik. Selain itu makan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.

Menurut hadist Nabi, kurma cocok disantap saat sahur. Nabi bersabda, "Kurma adalah sebaik-baik makanan sahur." (Hadist Shahih at-Tharghib:1072).


Manfaat Sahur Bagi Keimanan


Berikut adalah alasan untuk apa sih kita sahur yang dikutip dari buku Menjadi Bijak dan Bijaksana 1 karya Ibnu Basyar:

Al-Hafidz Ibnu Hajar Rahimahumullah menuturkan, "Keberkahan sahur atau manfaat sahur dapat ditinjau dari beberapa aspek:

1. Meneladani sifat Rasulullah,
2. Menyelisihi Ahlul Kitab,
3. Menguatkan badan orang yang berpuasa untuk melakukan ibadah,
4. Menambah semangat agar semakin rajin beribadah,
5. Dapat dihindarkan dari perilaku buruk yang muncul akibat rasa lapar,
6. Menjadi sebab dalam bersedekah kepada orang yang membutuhkan makanan sahur, juga menjadi kesempatan untuk mengajaknya makan berjamaah,
7. Sahur juga dapat dijadikan waktu untuk dzikir dan berdoa dan merupakan waktu dikabulkannya doa,
8. Saat sahur, seseorang mendapatkan kesempatan untuk meniatkan puasanya jika belum melakukan niat di malam hari.

Itulah artikel untuk apa sih kita sahur. Sahabat Hikmah jangan lupa untuk selalu sahur ya!



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia