Wisata Cruise Bakal Jadi Andalan di Nusa Penida

Wisata Cruise Bakal Jadi Andalan di Nusa Penida

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Rabu, 28 Sep 2022 08:23 WIB
Bali kedatangan Kapal cruise MV. Le Laperouse dari Australia di Dermaga Pelabuhan Benoa Bali, Senin (19/9/2022).
Bali kedatangan Cruise MV. Le Laperouse dari Australia di Dermaga Pelabuhan Benoa Bali, Senin (19/9/2022). Foto: Triwidiyanti
Denpasar -

Pariwisata berbasis cruise (kapal pesiar) akan dijadikan bagian dalam peningkatan pariwisata berkualitas di Bali. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan wisata bahari jadi andalan di Nusa Penida, Klungkung.

"Bagaimana wisata bahari ini akan menjadi suatu andalan Nusa Penida," kata Sandiaga Uno, usai merayakan World Tourism Day di Bounty Cruise, Denpasar, Bali, Selasa (27/9/2022).

Menurut Sandiaga Uno, pontoon Bounty Cruise akan ditarik ke Nusa Penida. Hal tersebut bertujuan mengajak wisatawan untuk menikmati pariwisata baru di Bali.


"Ini pontoon-nya akan ditarik ke Nusa penida dan Cruise Bounty ini akan membawa wisatawan untuk menikmati pariwisata baru di Bali," jelasnya.

Bagi Sandiaga Uno, upaya ini dilakukan guna membagi beban dari pariwisata yang hanya menumpuk di Bali selatan. Upaya ini akan mulai dikembangkan pada akhir tahun dan menuju awal tahun depan.

Sebelumnya, Sandiaga juga menyoroti kunjungan wisatawan ke Bali yang hanya menumpuk di wilayah selatan. Ia mengaku sudah saling bertukar data dengan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Wakil Gubernur Bali guna membagi kunjungan wisatawan ke daerah lain di Pulau Dewata.

"Saya sudah mulai tuker-tukeran data sama Pak Kadis dan Pak Wagub, bagaimana membagi (wisatawan ke wilayah Bali lain), jangan sampai bertumpuk di Bali selatan," kata Sandiaga Uno dalam kegiatan kompetisi renang perairan terbuka Oceanman di Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, jika kunjungan wisatawan ke Bali tidak dibagi ke berbagai wilayah, maka akan terjadi overcrowded atau overtourism, seperti sebelum pandemi. Saat ini saja, kata Sandiaga Uno, kemacetan sudah terasa di berbagai titik di wilayah Bali selatan. Karena itu, ia mendorong wisatawan yang berkunjung untuk mengubah travel plan ke Bali bagian lain.

"Sudah mulai banyak macet, jadi ini yang perlu didorong travel plan-nya. Minggu ini atau minggu depan akan (membuat event) di Bali utara, (kemudian) di Bali barat, jadi tiap minggu akan keliling, ke Bali barat, Bali utara, Bali timur," ungkapnya.

"Karena Bali selatan ini kelihatannya sudah mulai dapat animonya. Agar tidak overtourism, mau diangkat juga daerah-daerah yang butuh banget sentuhan dari event-event dan kegiatan pariwisata," imbuh Sandiaga Uno.



Simak Video "Angels Billabong, Seru-seruan Berenang dan Bermain Air di Kolam Alami, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)