Sandi Ajak Menpar Fiji Rayakan World Tourism Day di Atas Cruise Bali

Sandi Ajak Menpar Fiji Rayakan World Tourism Day di Atas Cruise Bali

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Selasa, 27 Sep 2022 21:01 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan keterangan pers usai merayakan World Tourism Day celebration di Bounty Cruise, Denpasar, Selasa (27/9/2022).
Foto: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan keterangan pers usai merayakan World Tourism Day celebration di Bounty Cruise, Denpasar, Selasa (27/9/2022). (I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)
Bali -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Menteri Perdagangan, Perdagangan, Pariwisata dan Transportasi Fiji Faiyaz Siddiq Koya merayakan World Tourism Day 2022 di atas cruise.

"Bersama Bapak Menteri Koya dari Fiji kami menghadiri World Tourism Day celebration di Bounty Cruise bersama Pak Wagub, kami mengirimkan pesan bahwa Indonesia sekarang dipercaya menjadi pemimpin dari kebangkitan pariwisata dunia," kata Sandiaga di Bounty Cruise, Denpasar, Selasa (27/9/2022).

Menurut Sandiaga, Menteri Koya menyampai isun soal perubahan iklim (climate change) dan hal itu juga menjadi salah satu tantangan yang mesti dicarikan solusi. Namun, Sandiaga menegaskan bahwa fokusnya kebangkitan pariwisata bisa dikawal dengan momentum G20 yang menggerakan dunia usaha, terutama pariwisata di Bali.


"Kita bisa pastikan bahwa G20 ini membawa dampak yang positif kepada masyarakat khususnya berkaitan dengan UMKM dan komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas Sandiaga.

Di sisi lain, Sandiaga meminta Bali memikirkan kembali soal keberadaan pariwisata. Ia berharap Bali bisa lebih mengandalkan lama kunjungan wisatawan pascakrisis pandemi COVID-19.

"Karena 53 persen Bali ini bergantung kepada pariwisata, (Bali) mulai memikirkan kembali pariwisata apa yang kita inginkan pascakrisis ini (COVID-19), yaitu pariwisata yang lebih mengandalkan lama dari kunjungan," jelasnya.

Sandiaga berharap, lama kunjungan wisatawan di Bali akan lebih berdampak positif terhadap ekonomi kreatif lokal, terutama berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja. Selain itu, keberlanjutan lingkungan tetap menjadi fokus karena Bali sudah memiliki Tri Hita Karana dan visi Nangun Sat Kerti Loka Bali.

"Ini yang menjadi landasan kita membangun pariwisata Bali ke depan," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Sandiaga, Indonesia sekarang dipercaya menjadi pemimpin dari kebangkitan pariwisata dunia dalam momentum World Tourism Day. Kebangkitan ini diharapkan dapat mendorong 1,1 juta lapangan kerja baru pada 2022 dan 4,4 di 2024 berbasis pariwisata yang berkualitas pariwisata yang berkelanjutan lingkungan.

"Indonesia sudah mendapatkan kepercayaan dunia untuk pertama kali dalam sejarah menjadi tuan rumah hari pariwisata dunia. Ini suatu anugerah dan Bali mendapatkan kehormatan," ujarnya.

"Mari kita gunakan kepercayaan dunia ini untuk bisa berdampak langsung kepada masyarakat lokal dan mencipta 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," tutur Sandiaga.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)