5 Spot Terbaik Menyaksikan Sunrise di Bali, Ada Pantai hingga Gunung!

5 Spot Terbaik Menyaksikan Sunrise di Bali, Ada Pantai hingga Gunung!

Tim detikTravel, Tim detikBali - detikBali
Minggu, 28 Agu 2022 02:06 WIB
Tempat kemping di Desa Pinggan, Kintamani, Bangli.
Desa Pinggan, Kintamani, Bangli - Simak 5 rekomendasi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit di Bali. Bisa di pantai, bukit, maupun gunung! (Foto: Dok. Pinggan Paradise)
Bali -

Selain menyaksikan sunset, Bali juga punya sejumlah spot untuk menyaksikan indahnya sunrise atau matahari terbit saat pagi hari. Bisa di pantai, bukit, maupun gunung!

Mengejar matahari terbit saat pagi hari adalah sebuah perjuangan. Terlebih jika Anda ingin menyaksikan di tempat dengan pemandangan terbaik.

Selain harus berpacu dengan waktu agar tak keburu siang, faktor alam juga cukup berpengaruh. Ada kalanya saat sudah tiba di lokasi tepat waktu, ternyata awan tebal atau mendung sehingga momen matahari terbit tak terlihat.


Nah, berikut adalah 5 rekomendasi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit di Bali:

1. Desa Pinggan, Kintamani

Desa Pinggan di BaliDesa Pinggan di Bali Foto: (Ni Kadek Yuni/d'Traveler)

Apakah Anda ingin merasakan sensasi negeri di atas awan sembari menyaksikan indahnya langit saat matahari terbit di ufuk timur? Datanglah ke Desa Pinggan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Letaknya yang berada di ketinggian menyajikan pemandangan memanjakan mata. Anda dapat melihat hamparan lembah dari kawah Gunung Batur serta rumah-rumah warga yang berada di bawahnya.

Agar momen sunrise tidak terlewatkan, Anda bisa berkemah alias kemping di sekitar Desa Pinggan. Tak usah khawatir, Anda bisa datang langsung ke lokasi karena sudah ada jasa penyewaan tenda dan berbagai perlengkapan kemping lainnya.

2. Bukit Surga, Karangasem

Suasana di bukit surga yang terletak di Banjar Dinas Tanah Ampo, Desa JungutanSuasana di bukit surga yang terletak di Banjar Dinas Tanah Ampo, Desa Jungutan Foto: Selamat Juniasa

Salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunrise di Bali adalah Bukit Surga. Bukit ini terletak di Banjar Dinas Tanah Ampo, Bebandem, Karangasem.
Bukit Surga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udara yang sangat sejuk. Tidak hanya itu, bukit ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berkemah dan selfie.

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke sini datang dengan tujuan untuk berkemah dan berburu matahari terbit. Harga tiket masuk ke bukit ini sangat terjangkau yakni Rp 15.000 untuk wisatawan umum dan Rp 25.000 untuk wisatawan yang ingin camping.

3. Pantai Sanur

Sunset di Pantai Mertasari, Sanur, BaliSunset di Pantai Mertasari, Sanur, Bali Foto: Kurnia Yustiana

Untuk Anda yang sedang berada di kawasan Denpasar dan sekitarnya, pemandangan sunrise yang eksotis bisa dinikmati di Pantai Sanur. Biasanya, banyak fotografer yang memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan foto terbaik di Pantai Sanur.

Matahari yang mulai terbit memperlihatkan warna langit mulai dari abu-abu, kecoklatan, jingga hingga biru. Selain melihat sunrise, Anda juga dapat menyaksikan beberapa aktivitas nelayan di pagi hari.

Selesai menyaksikan keindahan sunrise, Anda bisa bermain pasir dan batu karang Pantai Sanur. Tak hanya itu, Anda juga bisa bermain kano yang tarifnya hanya Rp 20 ribu. Pilihan lainnya, Anda juga bersepeda santai menelusuri Pantai Sanur dengan membayar Rp 10 ribu per jam.

4. Gunung Batur

Gunung Batur di BaliGunung Batur di Bali Foto: Ni Putu Dian Antalina/d'Traveler

Jika Anda ingin menikmati sunrise di Bali dengan cerita yang lebih mengesankan, mendaki Gunung Batur boleh menjadi pilihan. Indahnya kaldera Gunung Batur serta suasana sunrise di puncak juga tak kalah cantik dengan gunung lainnya di Indonesia.

Tenang saja, medan yang harus dilalui menjuju puncak Batur tidak terlalu sulit asalkan Anda bersabar. Trek mendaki di Gunung Batur termasuk mudah bagi pemula.

Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Untuk bisa melihat sunrise di puncak gunung, kita harus mulai berangkat mendaki paling lambat pukul 03.00 Wita. Adapun waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Batur rata-rata antara 2-3 jam. Sunrise biasanya muncul pada pukul 06.00 Wita.

5. Bukit Asah

Bukit Asah Bali Camp Karangasem juga menyediakan tempat camping bagi wisatawan yang ingin menikmati sunset dan sunrise.Bukit Asah Bali Camp Karangasem juga menyediakan tempat camping bagi wisatawan yang ingin menikmati sunset dan sunrise. Foto: Istimewa

Jika Anda sedang atau merencanakan liburan di Bali, cobalah mengeksplor destinasi wisata di kawasan Bali timur. Salah satunya adalah Bukit Asah Bali Camp di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati tebing yang indah dan hamparan laut biru menyegarkan mata dari atas perbukitan. Seperti namanya, Bukit Asah Bali Camp juga menyediakan tempat camping bagi wisatawan yang ingin menikmati sunset dan sunrise.

Menariknya, camping di tempat ini makin praktis karena sudah dilengkapi dengan bed, kayu bakar, hingga akses Wi-Fi.



Simak Video "Hiburan Saat Liburan, Bermain Layang-layang di Tepi Pantai Sanur Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)