Melali ke Guwang Village Festival, Berapa Harga Tiket Masuknya?

Agus Eka - detikBali
Jumat, 22 Apr 2022 23:26 WIB
Sejumlah stan pameran UMKM di Guwang Village Festival.
Sejumlah stan pameran UMKM di Guwang Village Festival. (Foto: Agus Eka/DetikBali)
Gianyar -

Masyarakat Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar kini menyambut suka-cita digelarnya Guwang Village Festival (GVF) untuk pertama kalinya. Festival yang berlangsung mulai 22-24 April 2022 ini murni digelar untuk mengangkat UMKM lokal di Guwang.

Untuk itu, masyarakat juga bisa mengunjungi GVF untuk mengeksplorasi sektor UMKM lokal di Guwang yang belakangan tumbuh karena pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu saja, penampilan beberapa band Bali bakal memeriahkan suasana festival selama tiga hari itu.


Menurut ketua panitia GVF 2022, Kadek Agus Mudita, ada tiga segmen kegiatan yang digelar. Yakni pameran UMKM, berbagai lomba serta hiburan.

Pihaknya tidak menampik, pandemi telah mengubah ekonomi masyarakat setempat, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata.

Dia mencontohkan, ikon pariwisata Guwang seperti Hidden Canyon sempat sepi akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan. Para pekerjanya tak ada kegiatan. Begitu pula dengan warga yang bekerja di pasar seni maupun di luar desa sebagai pekerja pariwisata.

"Ada yang di-PHK dan dirumahkan, lalu membangun usaha kecil di rumah," terang Agus.

Seiring berjalannya waktu, beberapa usaha kecil itu bertumbuh. Hal ini yang membuat pemerintah desa berkolaborasi dengan desa adat dan pemuda di Guwang merancang festival.

Tujuannya mengembangkan usaha warga dan memberikan wadah bagi pelaku usaha memasarkan produknya lebih luas melalui promosi festival.

"Harapan kami, festival ini bisa dinikmati masyarakat Guwang dan umum. Sehingga kegiatan ini memberi manfaat bagi warga desa sesuai tagline 'UMKM Bangkit, Ekonomi Pulih'. Ini festival pertama yang disiapkan selama satu bulan dan pembiayaan seluruhnya didukung sponsor," jelas Agus.

Dia optimis festival bisa berjalan sukses. Apalagi Desa Guwang sudah memiliki ikon wisata Hidden Canyon Beji yang sudah terkenal. Sehingga dapat menarik wisatawan sekaligus kunjungi festival.

"Jika apresiasinya baik, tidak menutup kemungkinan festival akan digelar tahun depan dan menjadi agenda tahunan," pungkasnya.

Untuk bisa mengunjungi GVF 2022, pengunjung cukup membayar tiket Rp 25 ribu per hari. Tiket juga bisa dipakai untuk melengkapi pembiayaan belanja produk UMKM GVF karena tiket sudah termasuk voucher belanja senilai Rp 10 ribu.



Simak Video "Strategi Bisnis UMKM di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)