Jelang WSBK 2022, Sejumlah Titik Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang

Ahmad Viqi - detikBali
Senin, 01 Agu 2022 13:04 WIB
Kondisi trek utama Sirkuit Mandalika jelang WSBK 2022 yang digelar November mendatang, Senin (1/8/2022).
Foto: Kondisi trek utama Sirkuit Mandalika jelang WSBK 2022 yang digelar November mendatang, Senin (1/8/2022). (Ahmad Viqi/detikBali)
Lombok Tengah -

Jelang event World Superbike Championship (WSBK) pada November 2022 mendatang, sejumlah titik lintasan utama Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB, akan diperbaiki atau diaspal ulang.

Pengaspalan ulang itu dilakukan karena beberapa titik aspal di trek utama sepanjang 4,31 kilometer tersebut ada yang terkelupas pasca gelaran event MotoGP, pada Maret 2022 lalu.

"Segala sesuatunya sedang kita siapkan, tapi tidak terlalu berat. Ada pengaspalan di beberapa titik. Ada berapa meter nanti tunggu saja. Karena saya masih kirim datanya ke FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme)," kata Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association, Samsul Purba usai acara Mandalika Track Walk di Sirkuit Mandalika, Senin (1/8/2022).


Meski begitu, secara menyeluruh lanjut Purba kondisi trek yang memiliki 17 tikungan tersebut dalam posisi bagus. Purba juga mengaku bahwa trek utama Sirkuit Mandalika yang menggunakan stone matic asphalt (SMA) itu tidak memiliki masalah berarti selama 3 bulan jelang event WSBK 2022.

"Tadi kita keliling, kalau kita lihat trek kita masih bagus. Untuk di beberapa titik perlu disempurnakan. Di tikungan 10 dan lokasi yang kiranya ada terkelupas," katanya.

Untuk teknik perbaikan aspal di trek utama Sirkuit Mandalika tetap menggunakan teknik pembongkaran atau pengupasan bagian atas aspal, kemudian digantikan dengan aspal yang baru.

"Seperti yang kita lakukan sebelum event MotoGP 2022 kemarin. Kita kupas, kita aspal ulang misalnya aspalnya tidak utuh ya," kata Purba.

Terkait waktu perbaikan secara menyeluruh di trek utama, kata Purba, secara teknis akan dilaporkan terlebih dahulu ke pihak FIM dan Dorna Sport pada bulan Agustus ini. Selanjutnya, rencana perbaikan akan dilakukan sesuai hasil pendataan tepat di bulan September 2022.

"Nanti bulan September 2022 itu satu bulan kita tutup dulu sirkuitnya selama sebulan penuh. Kita selesaikan perbaikannya. Jadi di bulan Oktober sudah selesai dan ready agar nanti di November sudah siap sambut WSBK," katanya.

Dari pantauan detikBali usai mengelilingi aspal trek utama Sirkuit Mandalika, beberapa titik aspal Mandalika terdapat goresan. Seperti di tikungan 6, 10, 11, dan 13. Selain itu beberapa pagar pembatas di Sirkuit Mandalika ditumbuhi ilalang yang menjalar.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)