Dirut MGPA: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Pembuka MotoGP 2023

Ahmad Viqi - detikBali
Sabtu, 21 Mei 2022 08:46 WIB
Direktur Utama MGPA Priandhi Satria
Foto: Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (Ahmad Viqi/detikBali)
Lombok Tengah -

Direktur Utama (Dirut) Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengaku Sirkuit Mandalika Lombok NTB siap menjadi pembuka event MotoGP tahun 2023 jika ada permintaan dari Dorna Sport secara resmi.

Isu menjadi pembuka MotoGP 2023 kian menguat karena Sirkuit Internasional Losail, Qatar, masih dalam masa perbaikan. Pasalnya, sejak tahun 2007, Sirkuit Losail Qatar menjadi langganan pembukaan event MotoGP.

"Saya rasa belum ada statement Dorna Sport terkait itu ya. Cuma kalau kami diminta buat seri pembuka buat kami tidak ada masalah," kata Priandhi kepada detikBali, Sabtu (21/5/2022).


Menjadi penyelenggara event World Superbike tahun 2021 dan MotoGP Maret 2022 lalu, kata Priandhi, PT ITDC dan MGPA telah mendapat pengalaman selama menggelar dua event kelas dunia di Sirkuit Mandalika.

"Kami sudah latihan juga di pra season MotoGP tahun ini. MotoGP pertama kami juga sudah latihan. Ya. Jadi saat ini sudah punya check list apa saja yang harus kami siapkan untuk MotoGP 2023," katanya.

Menurutnya, MotoGP 2022, MGPA dan PT ITDC diakui masih kewalahan menyiapkan segala kebutuhan yang diminta oleh Dorna Sport sebagai pengelola event MotoGP.

"Kita tahu ya, kita sibuk nyari persiapan, tim office mereka butuh internet, media center dan sebagainya. Tapi itu kita sudah catat semuanya untuk MotoGP 2023 nanti," ujarnya.

Seluruh persiapan untuk MotoGP 2023 nanti kata Priandhi semua kebutuhan Dorna Sport sudah berada di tangan MGPA dan PT ITDC sebagai pengelola Sirkuit Mandalika.

Selain itu, ujar dia, segala kebutuhan penunjang MotoGP di Mandalika telah dimatangkan. Baik akses parkir dan akses jalan utama di depan Sirkuit Mandalika.

"Kalaupun misalnya, satu bulan akan ngadain event MotoGP kami sudah tahu caranya," ujarnya.

Menurut Priandhi, jika Dorna Sport meminta Mandalika menjadi pembuka MotoGP 2023 nanti, maka pihaknya mau tidak mau harus menyiapkan segala kebutuhan pra event. "Ya kami siap, selama itu permintaan Dorna," cetusnya.

Priandhi juga mengaku bahwa ada beberapa catatan Dorna Sport usai berhasil gelar pra season dan MotoGP 2022 lalu. Beberapa catatan dari Dorna kata dia meminta MGPA dan ITDC untuk melakukan pergantian pagar di beberapa titik sisi lintasan Mandalika.

"Jadi permintaan Dorna setelah MotoGP tidak terlalu banyak, salah satunya adalah beberapa titik tikungan aspalnya diminta jauh lebih bagus," ujarnya.

Permintaan lain dari Dorna Sport terkait pembaharuan di Sirkuit Mandalika sebut Priandhi tidak ada yang terlalu signifikan.

Dia juga telah memastikan kondisi trek dengan 17 tikungan tersebut masih dalam kondisi aman untuk event WSBK 2022 bulan November nanti dan MotoGP 2023.

"Minor-minor di Mandalika kita sudah kerjakan sudah tidak ada lagi. Aspal masih aman. Hanya di beberapa titik memang mereka (Dorna Sport) minta pengaspalan lebih baik," pungkas Priandhi.



Simak Video "Peresmian Sirkuit Motor Cross 459 Lantan Dihadiri 9.000 ASN NTB"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)