Dokter Ungkap Khasiat-Efek Samping Teh Diet untuk Turunkan Berat Badan

Tim detikFood - detikBali
Minggu, 03 Jul 2022 07:03 WIB
teh untuk diet
Foto: Minum teh untuk diet (iStock)
Jakarta -

Dokter Richard Lee membeberkan khasiat teh diet untuk menurunkan berat badan. Menurutnya, ada keunggulan dan efek sampingnya.

Berbagai cara dilakukan, terutama kaum hawa, demi tampil langsing. Teh diet pun sering dimanfaatkan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Umumnya teh diet terbuat dari teh hijau.

Beberapa produk di antaranya seperti Slimming Tea Mustika Ratu, Nikita Slim, Thermolyte Plus, Everslim lainnya. Lantas, seberapa ampuhkah mengonsumsi teh diet untuk menurunkan berat badan?


Hal ini dikupas oleh dr Richard Lee melalui channel YouTubenya (13/10/2021). Dijelaskan bahwa teh hijau mengandung kafein dan katekin. Keduanya berfungsi melancarkan sistem metabolisme tubuh.

"Jadi, kalau metabolisme tubuh cepat, energi kita juga akan lebih cepat terkuras, nah saat itu lemak jadi cepet abisnya," tutur dr Richard Lee.

Sementara itu, ada efek sampingnya yakni menurunkan nafsu makan. Namun sebagai pengkonsumsi teh hijau, dr Richard Lee mengaku belum merasakan efek samping tersebut.

teh untuk dietteh untuk diet Foto: iStock

Menurut penelitian, teh hijau memang bisa menurunkan berat badan. Rutin minum teh hijau umumnya bisa menurunkan 3 kilogram dalam waktu 3 bulan.

Selain itu, bisa mengurangi lingkar pinggang 3,33 cm dalam 3 bulan dan persentase lemak tubuh berkurang jadi 1,5 kilogram. "Jadi ada manfaatnya tapi tidak besar," ujar dr Richard Lee.

Namun perlu diketahui bahwa teh hijau juga memiliki efek samping. Di antaranya ketergantungan atau kecanduan, menyebabkan susah tidur dan memperlambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

"Biasanya orang jadi anemia, nah kalau penderita anemia jangan minum teh hijau. Selain itu juga bikin mudah cemas," lanjut dr Richard Lee.

Lalu, apakah aman diet dengan mengonsumsi teh diet tersebut? Dr Richard Lee menjelaskan bahwa beberapa produk teh hijau untuk diet yang disebutkan memang sudah diizinkan BPOM.

"Artinya aman dikonsumsi dan legal secara hukum," ujarnya.

Namun untuk manfaatnya memang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Menurutnya, untuk menurunkan berat badan tidak bisa mengandalkan sebuah produk diet, juga harus diimbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat.

"Untuk slimming gak bisa ngandelin produk bahkan produk saya sendiri. Yang paling penting jaga makan dan olahraga. Produk diet itu membantu stay on the track," tutupnya.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)