Menteri ESDM Sebut 80 Persen Pertalite Dinikmati Orang-orang Mampu

Tim detikFinance - detikBali
Jumat, 26 Agu 2022 17:01 WIB
Ilustrasi Pengisian BBM
Ilustrasi pengisian BBM - Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut sekitar 80 persen pengguna bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite ternyata adalah orang-orang mampu. (Foto: Pertamina)
Bali -

Sekitar 80 persen pasokan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite ternyata dinikmati oleh orang-orang mampu. Hal itu diungkap oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif.

"60 persen masyarakat mampu mengkonsumsi hampir 80 persen pertalite," kata Arifin di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022) seperti dikutip dari detikFinance.

Arifin menambahkan, masyarakat mampu mengkonsumsi sekitar 33,3 liter pertalite dalam satu bulan. Sementara itu masyarakat yang tidak mampu hanya mengkonsumsi 17,1 liter per rumah tangga.


"Konsumsi pertalite masyarakat mampu itu 33, 3 liter per rumah tangga per bulan. Sedangkan yang tidak mampu cuma 17,1 liter per rumah tangga per bulan. Ini data survei," imbuhnya.

Dilansir dari detikFinance, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya juga mengungkapkan hal yang sama. Sri Mulyani menyebut anggaran subsidi energi sebesar Rp 502 triliun lebih banyak dinikmati orang kaya.

"Dari Rp 502,4 triliun untuk solar, yang menikmati paling banyak adalah 40 top rumah tangga tertinggi, orang-orang terkaya. Pertalite juga sama," kata Sri Mulyani, Kamis (25/8/2022).

Sri Mulyani menambahkan, 86 persen atau Rp 80 triliun dari total pertalite yang disubsidi dinikmati oleh masyarakat kelas menengah atas. Adapun subsidi pertalite mencapai Rp 93 triliun.

Tak hanya pertalite, sebagian besar solar juga disebut dinikmati orang-orang kaya. Menurut Sri Mulyani, 89 persen senilai Rp 127 triliun dinikmati orang mampu dan dunia usaha. Pemerintah sendiri mensubsidi solar sebesar Rp 143 triliun.



Simak Video "Menteri ESDM Arifin Tasrif ke KPK, Bahas Apa? "
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)