Macet Kian Parah, Uji Coba Rekayasa Lalin di Tibubeneng Diprotes Turis

Macet Kian Parah, Uji Coba Rekayasa Lalin di Tibubeneng Diprotes Turis

Triwidiyanti - detikBali
Minggu, 30 Okt 2022 10:58 WIB
Uj icoba pengalihan arus lalin di shortcut Canggu, Kuta Utara, Badung.
Uji coba pengalihan arus kendaraan di shortcut Canggu, Kuta Utara, Badung. Foto: Triwidiyanti
Badung -

Penerapan uji coba pengalihan arus kendaraan yang digagas oleh Desa Dinas Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali untuk mengurai kemacetan di 5 titik rupanya bukanlah menjadi solusi. Tidak sedikit turis dan warga lokal (warlok) yang protes pengalihan arus kendaraan justru menimbulkan kemacetan yang kian parah.

Kelian Dinas Banjar Tegal Gundul I Wayan Suryanta menjelaskan salah satu titik yang gagal dialihkan arus kendaraan adalah di shortcut Canggu. Sehingga, di shortcut Canggu menyebabkan penumpukan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan tak terelakkan.

"Ada yang gagal, kita kemarin itu di shortcut (Canggu) itu terlalu padat sehingga menyebabkan kemacetan. Kami akan alihkan kembali, kami bebaskan untuk mobil bisa ke kanan atau kiri," ungkap Kelian Dinas Banjar Tegal Gundul I Wayan Suryanta, dihubungi detikBali, Minggu (30/10/2022).

Berdasarkan hasil evaluasi, saat diterapkan uji coba pengalihan arus kendaraan pada Jumat (28/10/2022) rata-rata mobil dari arah Shortcut Canggu mengarah ke kanan.

"Jadi mereka semua komplain dan macet semua jadinya, itu 10 mobil dari barat 9 ke kanan dan hanya 1 ke kiri," ungkapnya.

Karena itu, pasca diterapkannya uji coba tersebut, pihaknya akan kembali melakukan uji coba pada Jumat (4/11/2022) mendatang. Dengan pola yang berbeda, dari semula 5 titik yang diatensi akan mengerucut pada 3 titik yang diterapkan uji coba pengalihan arus kendaraan.

3 titik uji coba pengalihan arus kendaraan di antaranya:

- Titik di Pasar Semat Sari yang akan masuk ke Canggu Permai dari Berawa

- Titik di perempatan Jalan Batu Sari-Bumbak

- Titik di shortcut Canggu

Di Jalan Batur Sari, semua kendaraan (mobil, motor) hanya boleh lurus menuju ke Pantai Berawa langsung lurus ke Jalan Tegal Sari. Kendaraan dilarang belok ke kanan atau ke kiri.

Kemudian di shortcut Canggu, mobil dari arah barat tidak bisa lurus melainkan hanya boleh ke kanan atau kiri. Sementara kendaraan motor dari arah shortcut bisa kanan/kiri dan lurus.

"Karena di Pantai Berawa kita tetap dua arah untuk antisipasi dari shortcut Canggu," terang Suryanta.

Uji coba kedua yang akan diberlakukan pada Jumat mendatang merupakan salah satu cara untuk menemukan formula yang tepat.

"Kami akan lihat dan kita evaluasi lagi, kami lihat Jumat nanti ini kan untuk mencari formula yang tepat untuk diterapkan dalam mengurai kemacetan di Pantai Berawa," tandasnya.

Sayangnya pada ujicoba Jumat mendatang, pada stakeholder terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung, Satpol PP Badung dan pihak kepolisian Satlantas Polres Badung belum dilibatkan hal ini terkendala akan surat.

"Belum, karena kemarin Jumat sudah sore selesai, sekarang Sabtu Minggu libur. Artinya belum dilibatkan jadi harus rapat," ungkap Kepala Seksi Pemerintahan Desa Tibubeneng I Ketut Sudenia kepada detikBali, Minggu (30/10/2022).

Senada dengan Sudenia, I Wayan Suryanta mengaku tidak masalah jika uji coba pada Jumat mendatang Dishub Kabupaten Badung, Satpol PP Badung dan Polres Badung belum ikut terlibat. Sebab Desa Tibubeneng telah dibantu TNI dan linmas desa.

"Kalau mereka tidak dilibatkan nggak masalah. Hari Senin mungkin kita siapkan untuk Dishub sehingga mereka mendukung kegiatan kami," terang Suryanta.

Meski demikian, pihaknya tetap akan menyurati para pihak terkait untuk mendukung kelancaran kegiatan yang dilakukan oleh pihak Desa Tibubeneng.




Simak Video "Penampakan Barbuk dari Penangkapan Sindikat Pengedar Uang Palsu di Badung"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/dpra)