Kisah Tania, Dokter di Bali Dinobatkan Putri Pariwisata Indonesia 2022

Kisah Inspiratif

Kisah Tania, Dokter di Bali Dinobatkan Putri Pariwisata Indonesia 2022

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Selasa, 04 Okt 2022 14:11 WIB
Putri Pariwisata Indonesia 2022, Tania Saputra.
Putri Pariwisata Indonesia 2022, Tania Saputra. Foto: Instagram Tania Saputra
Denpasar -

Pada Rabu (28/09/2022) lalu merupakan hari bahagia bagi dr Tania Saputra, perempuan kelahiran Madiun, 27 September 1997. Ia mewakili Bali berhasil menyabet gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Dari kecil mimpiku ada 2, jadi dokter dan jadi Putri. Setelah tumbuh besar dan sekitar umur di 20an akhir, aku sudah jadi dokter tapi, masih ingin banget untuk menjadi Putri," ucap perempuan yang berprofesi sebagai dokter umum di RSUD Sanjiwani Gianyar, Bali ini.

Ia mengaku, keinginannya untuk menjadi seorang Putri kian memuncak ketika ia bertugas sebagai vaksinator ke desa-desa. Di sana ia berbincang dengan masyarakat yang sebagian besar dulunya berprofesi di bidang pariwisata, namun mengalami PHK akibat pandemi COVID-19.

Tania Saputra, Putri Pariwisata Indonesia 2022Tania Saputra, Putri Pariwisata Indonesia 2022 Foto: (Andhika Prasetia/detikcom)

Dari sana lah ia merasa tergugah untuk melakukan sesuatu hal agar ke depannya pariwisata Indonesia khususnya Bali dapat bangkit kembali. Sehingga masyarakat yang dulunya terkena PHK dapat kembali bekerja.

"Dan momennya pas sekali dengan dibukanya pendaftaran Putri Pariwisata Indonesia 2022. Aku pikir ini bisa menjadi opportunity aku untuk bisa berkontribusi di pariwisata yang notabennya sebelumnya aku sudah mendengar cerita-cerita dari masyarakat," ujarnya ketika dihubungi detikBali, Selasa (4/10/2022).

Meski tak memiliki background seorang model ataupun seseorang yang dengan jam terbang tinggi di bidang pageants, tak lantas membuat dr Tania patah semangat. Ia pun kemudian memutuskan untuk menekuni berbagai hal tentang pageants selama 2 tahun di beauty camp.

Dari sana, kata dr. Tania, Ia mempelajari make up, catwalk, publik speaking yang benar dan lainnya. Meski baru pertama kali mengikuti kegiatan semacam itu, Ia mengaku tak menemukan kesulitan yang berarti, terlebih karena sosoknya yang memang senang belajar hal baru dan pekerja keras.

Namun, meski demikian, dr. Tania mengaku sempat merasa down ketika bertemu dengan peserta lainnya dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2022. Yang mana, kata dr Tania, banyak peserta yang memang memiliki background sebagai model dan telah sering mengikuti ajang pageants. Sementara, dirinya sendiri baru pertama kali mengikuti ajang tersebut.

"Tapi, aku kembali menengok ke dalam diriku untuk melihat kemampuan apa yang aku punya. Aku punya ilmu di kedokteran, dan skill komunikasi yang cukup aku bilang bisa membuat aku terkoneksi dengan orang lain. Jadi, publik speaking itu yang aku perkuat selama 2 bulan terakhir sebelum ajang dimulai," akunya.

Dengan kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak, dr Tania pun mampu melewati beragam tes yang diberikan. Sehingga singkat cerita, dr. Tania pun terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2022.


Putri Pariwisata Indonesia 2022, Tania Saputra.Putri Pariwisata Indonesia 2022, Tania Saputra. Foto: Instagram Tania Saputra



"Perasannya ketika terpilih itu campur aduk, tapi yang pasti aku bersyukur, senang dan bangga ketika namaku dipanggil. Karena akhirnya setiap ketidakpercayaanku, dan kelelahan yang aku alami, ternyata kalau dilakukan dengan setulus hati dan kerja keras hasilnya jadi seperti ini," sebut perempuan yang memiliki hobi traveling dan melukis ini.

Ia pun mengaku tidak ingin terus berada dalam masa-masa euforia tersebut, karena ia sadar di balik gelarnya tersebut ada beragam tanggung jawab tentang pariwisata yang akan diembannya. Perempuan yang menghabiskan masa kecilnya di Bali ini juga mengaku telah memiliki berbagai misi yang ingin segera Ia tuntaskan selama bertugas sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2022 selama 1 tahun kedepan.

Untuk diketahui, dr Tania sendiri memiliki beragam prestasi, di antaranya scholarship grants by Japan Student Services Organization (JASSO) tahun 2018, kemudian tercatat sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (PASKIBRAKA) tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2014 dan masih banyak prestasi lainnya.



Simak Video "Selamat! Gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 Jatuh Kepada Tania Saputra "
[Gambas:Video 20detik]
(nor/irb)