Sekda Badung Sebut 3 Hotel di Nusa Dua Full Booking Jelang G20

Sekda Badung Sebut 3 Hotel di Nusa Dua Full Booking Jelang G20

Triwidiyanti - detikBali
Sabtu, 01 Okt 2022 08:40 WIB
Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.
Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa. (Triwidiyanti/detikBali)
Badung -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyebut okupansi hotel di Badung bakal mendekati 100 persen menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Bahkan, tiga hotel di Nusa Dua, Kuta Selatan, sudah dipesan penuh (full booking) terkait KTT G20.

"Memang ada beberapa kayak St Regis, Mulia Hotel, Kempinski itu sudah pasti," kata Adi Arnawa, Sabtu (1/10/2022).

Adi Arnawa yakin semua hotel, khususnya di kawasan Nusa Dua, kecipratan booking-an terkait pertemuan para pemimpin dunia pada November 2022 mendatang. Dengan demikian, tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Badung akan membaik.


"Mendekatilah, mungkin saya lihat kalau parameter 3 hotel itu kan sudah di-booking semu, artinya sudah 100 persen. Tapi itu kan cuma 1 bulan saja," katanya.

Beredar kabar bahwa sejumlah delegasi dan wartawan asing tidak kebagian hotel di kawasan Nusa Dua. Terkait itu, Adi Arnawa tidak menjelaskan lebih jauh.

"Sayang sekali kalau sampai tidak dapat hotel," ungkapnya.

Menurutnya pelaksanaan G20 di Bali sangat membantu Badung yang selama ini mengandalkan industri pariwisata. Terlebih lagi, dua tahun terakhir sektor pariwisata ambruk akibat pandemi COVID-19. Ia berharap, helatan G20 dapat meyakinkan wisatawan bahwa Bali aman dan siap dikunjungi.

"Saya berharap kedepannya kepercayaan orang ke Bali akan semakin kuat," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan sebanyak 23 hotel sudah siap 100 persen untuk helatan G-20. Hotel-hotel tersebut berada di kawasan Nusa Dua, Jimbaran, dan Kuta.

"Dari sisi hotel yang untuk dipakai sebagai tempat para delegasi G-20 sudah siap. Baik dari fasilitas maupun standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) hingga pengamanan," tutur Tjok Pemayun di Kantor Satpol-PP Provinsi Bali, Rabu (14/9/2022) lalu.



Simak Video "Suasana Jalan Protokol di Bali Jelang KTT G20"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/nor)