AP I Siapkan Skenario Buka Tutup Bandara-Parkir Pesawat di Luar Bali

Persiapan KTT G20 Bali

AP I Siapkan Skenario Buka Tutup Bandara-Parkir Pesawat di Luar Bali

Tim detikBali - detikBali
Jumat, 30 Sep 2022 22:52 WIB
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Foto: Didik D.Praptono)
Badung -

Menjelang kedatangan tamu VVIP dan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, PT Angkasa Pura (AP) terus mematangkan persiapan dan pembenahan.

Salah satu AP, yakni dengan merancang skenario menghindari kekroditan seperti meningkatnya aktivitas penerbangan dan lalu lintas udara selama konferensi berlangsung.

Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menegaskan, saat ini, pihak AP I bersama pemerintah masih menunggu finalisasi jadwal dari masing-masing penerbangan VVIP.


"Kami masih menunggu (jadwal). Finalisasi skenario baru bisa dilaksanakan bila sudah ada kepastian," terang Faik.

Meski demikian, dari skenario, pihak PT Angkasa Pura I akan menyiapkan system buka tutup di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Dikatakan Faik, sistem buka tutup Bandara Ngurah Rai sebagai pintu gerbang utama delegasi nantinya memang menjadi salah satu scenario.

"Hanya sementara ini kami masih siapkan simulasi dengan para stakeholder termasuk Airnav,"tegas Faik.

Menurut Faik, simulasi dilakukan agar seluruh aktivitas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), yakni mulai sterilisasi sebelum landing hingga setelah pesawat landing atau mendarat, jadwal penerbangan pesawat regular, peningkatan kapasitas gedung, dan lainnya.

Selain itu, untuk jumlah maskapai, Faik mengatakan jika jumlah yang terkonfirmasi awal terus berkembang baik dari para delegasi maupun undangan VVIP.

"Jumlah pesawat masing-masing negara berbeda-beda. Ada yang 6 pesawat ada juga yang bawa 10 pesawat. Harapan kami bisa segera mendapatkan kepastian terkait jadwal,"tegas Faik

Siapkan 9 Parking Stand di Luar Bali untuk Pesawat Kepresidenan

Selain itu, untuk menghindari penumpukan saat KTT G20 berlangsung, pihak AP I dan AP II akan memanfaatkan sejumlah bandara di luar Bali untuk parkir pesawat kepresidenan.

Sejumlah bandara di bawah AP I dan AP II di luar Bali itu diantaranya, Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Bandara Internasional Pulau Lombok, Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta, Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo,

Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepingan Balikpapan.



Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/nor)