Cok Ace Minta Kemenhub Tambah Maskapai Domestik ke Bali

Cok Ace Minta Kemenhub Tambah Maskapai Domestik ke Bali

Triwidiyanti - detikBali
Rabu, 28 Sep 2022 19:06 WIB
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace.
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace. (Foto: Triwidiyanti/detikBali)
Badung -

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) turut buka suara soal mahalnya harga tiket pesawat. Ia pun mengaku sudah meminta solusi kepada Kementerian Perhubungan, terutama terkait penerbangan domestik ke Bali yang masih minim.

"Kita sudah komunikasi kita minta ke Kementerian Perhubungan untuk menambah maskapai terutama domestik," kata Cok Ace di Sedang, Abiansemal, Badung, Rabu (28/9/2022).

Cok Ace kemudian menyinggung harga tiket penerbangan domestik ke Bali yang kini meroket. Menurutnya, sebelum masa pandemi COVID-19, harga tiket pesawat ke Bali berada di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta. Sementara kini harganya sudah mencapai Rp 1,9 juta.


"Ini kan banyak kajian. Ini kemauan kami (menurunkan harga tiket) di luar kemampuan untuk memenuhi," ujarnya tertawa.

Meski begitu, ia menyebut mahalnya harga tiket pesawat tidak menyebabkan tren kedatangan wisatawan ke Bali menurun.

"Ini sedang tren naik, cuma meningkatnya ini seharusnya bisa lebih banyak terutama dari negara luar," kata Cok Ace.

Pada kesempatan tersebut, Cok Ace juga menepis kabar adanya delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang tidak mendapat tiket pesawat. Menurutnya, memang ada delegasi yang menggunakan pesawat pribadi.

"Itu dari negara asalnya dia, kalau peserta delegasi sebagian besar membawa pesawat pribadi. Walaupun ada persoalan tiket pesawat, mereka langsung flight ke Bali semua," ungkap Cok Ace.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster meminta pemerintah pusat untuk menurunkan harga tiket sekaligus menambah penerbangan ke Pulau Dewata. Keinginan Koster itu mendapat respons dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga mengaku mendukung penambahan jumlah maskapai penerbangan ke Bali. Di tengah mahalnya harga tiket pesawat, Sandiaga menyebut tingkat kunjungan wisatawan ke Bali saat ini tergolong stabil. Setidaknya ada 10 ribu penumpang yang mendarat di Bali per harinya.

"Jumlah kursi kita harapkan juga meningkat, per hari ini sudah stabil di angka 10 ribu," katanya.

"Keinginan Pak Gubernur akan kami dukung sepenuhnya sehingga harga tiket berangsur turun mendekati liburan akhir tahun," lanjut politisi Gerindra ini.



Simak Video "Alasan Harga Tiket Pesawat Semakin Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)