Ditahan di Rutan Salemba, Roy Suryo Tak Lagi Gunakan Kursi Roda

Ditahan di Rutan Salemba, Roy Suryo Tak Lagi Gunakan Kursi Roda

Tim detikNews - detikBali
Kamis, 29 Sep 2022 18:58 WIB
Postingan Roy Suryo tentang meme stupa Candi Borobudur menjerat dirinya sebagai tersangka. Roy Suryo dianggap melakukan penistaan terhadap simbol agama Buddha.
Roy Suryo (Foto: dok. Istimewa)
Bali -

Roy Suryo yang ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama ditahan di Rutan Salemba. Saat diserahkan ke Jaksa, Roy Suryo tidak lagi berpenyangga leher ataupun tidak menggunakan kursi roda. Sebagaimana diketahui, Roy Suryo memang sempat berpenyangga leher dan menggunakan kursi roda saat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur beberapa waktu lalu.

"Lancar dan kooperatif juga Pak Roy Suryo ini. Nggak ada penyangga, nggak ada kursi roda, normal. Ditanya juga dijawab dengan baik," kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Ade Sofyan saat dihubungi, Kamis (29/9/2022), dikutip dari detikNews.

Menurut Ade, Roy Suryo dalam keadaan sehat dan dinyatakan siap untuk dilakukan penahanan.


"Ada surat keterangannya (kondisi sehat) dari penyidik dibawa. Bukan penyidik yang mengeluarkan. Kondisinya sehat, secara fisik juga layak dan siap untuk di-tahap-dua-kan," jelas Ade.

Dijelaskan, pelimpahan tahap II Roy Suryo dari Polda Metro Jaya ke Kejari Jakarta Barat telah rampung siang tadi. Roy kini ditahan di Rutan Salemba sambil menunggu persidangan digelar.

"Sudah sekitar pukul 12.30 WIB. Sekarang (Roy Suryo) ditahan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan," kata Ade Sofyan.

"Ini kan baru selesai tahap kedua. Administrasi kelengkapan buat pelimpahan disiapkan dulu baru melimpahkan berkas perkaranya ke pengadilan. Kalau sudah ada jadwal, baru disidangkan," tutur Ade.

Dilansir dari detikNews, kasus penistaan agama dengan tersangka Roy Suryo telah memasuki babak baru. Berkas perkara itu sudah dinyatakan lengkap.

"Berkas sudah dinyatakan lengkap sejak tanggal 28 (September) kemarin," kata Ade saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Ade mengatakan, secara prosedur, Roy Suryo diserahkan hari ini ke kejaksaan. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu diserahkan ke Kejari Jakbar pukul 14.00 WIB

"Kalau sesuai rencana, teman-teman dari Polda Metro Jaya melakukan tahap dua di Kejari Jakbar. Jadi tersangka dan barang bukti diserahkan ke sana," tutur Ade.

Untuk diketahui, pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni sebelumnya sempat mengungkap kondisi kesehatan terkini Roy Suryo. Menurutnya, Roy butuh mendapatkan suntikan insulin.

"Ya seperti biasa, beliau itu harus mendapatkan suntikan insulin, itu saja," kata pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, Kamis (29/9/2022).



Simak Video "Kilas Balik Roy Suryo Hingga Ditahan karena Meme Stupa Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/irb)