Bupati Klungkung Ajukan Proposal Perbaikan Infrastruktur Nusa Penida

Bupati Klungkung Ajukan Proposal Perbaikan Infrastruktur Nusa Penida

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Minggu, 18 Sep 2022 09:21 WIB
Wisatawan berfoto di Kelingking Beach, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (17/9/2022)
Wisatawan berfoto di Kelingking Beach, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (17/9/2022). (Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Klungkung -

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengajukan proposal untuk perbaikan infrastruktur di kawasan wisata Nusa Penida, Bali. Perbaikan infrastruktur tersebut antara lain penataan akses jalan dan fasilitas di sejumlah titik seperti Kelingking Beach dan Diamond Beach.

"Pemulihan pariwisata dari segi kunjungan di sini sangat cepat. Tetapi di satu sisi, infrastruktur kita belum bisa mengikuti. Walaupun sudah bergerak, tapi kecepatannya lebih cepat pertumbuhan pariwisata," kata Suwirta, usai menemani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya di Nusa Penida, Sabtu (17/9/2022).

Suwirta menjelaskan, pihaknya telah melihat langsung kondisi di Kelingking Beach ketika menemani Menparekraf. Menurutnya, pagar-pagar di area tersebut hanya menggunakan kayu sehingga keamanannya masih kurang.


Demikian pula kondisi fasilitas di Broken Beach. Jalan menuju kawasan tersebut banyak dikeluhkan warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida.

Ia berharap dengan adanya perbaikan fasilitas itu akan membuat wisatawan yang datang semakin nyaman. Terlebih, Suwirta menyebut Nusa Penida akan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Klungkung.

"Dari proposal yang kita ajukan tadi, kalau semua dana yang kita mohon untuk perbaikan destinasi, perbaikan jalan, air dan semuanya terpenuhi maka Nusa Penida ini akan menjadi sumber PAD terbesar di Klungkung. Saya yakin itu, mulai dari retribusi, pajak dan restoran," ungkapnya.

Menparekraf Sandiaga mengaku telah menerima proposal terkait perbaikan fasilitas di Nusa Penida oleh Bupati Klungkung. Dalam kunjungannya ke Nusa Penida, Sandiaga juga bertemu dengan pelaku parekraf di kawasan wisata tersebut.

"Termasuk juga proposal yang disampaikan oleh Bapak Bupati Klungkung. Ada potensi-potensi juga yang sedang dikembangkan, yaitu investasi sebesar total Rp 320 miliar dalam bentuk ready project to offer karena sudah ada DED-nya meliputi investasi di infrastruktur maupun kelengkapan penunjang pariwisata," kata Sandiaga.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)