Kendaraan Listrik akan Mengaspal di Nusa Lembongan-Ceningan

Kendaraan Listrik akan Mengaspal di Nusa Lembongan-Ceningan

tim detikBali - detikBali
Sabtu, 17 Sep 2022 20:59 WIB
Layanan sepeda motor listrik pintar imotoshare meluncur di Bali
Motor Listrik. Foto: Dok. imotoshare
Klungkung -

Kendaraan listrik akan mengaspal di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali. Pelaku pariwisata menjadi target pertama yang didorong menggunakan kendaraan listrik tersebut.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menargetkan di tahun 2023, kawasan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan akan memanfaatkan kendaraan listrik dalam berkegiatan sehari-hari.

"Tadi dengan Pak Menteri (Menparekraf) juga nyambung dan minta disiapkan (kendaraan listrik). Saya katakan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan itu potensinya luar biasa. Pulau kecil tersebut jika dijadikan sebagai pilot projects sangat bisa cepat diwujudkan," ucapnya usai menemani kunjungan kerja Menparekraf Sandiaga Uno di Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (17/9/2022).


Ia mengaku, pihaknya akan menargetkan para pelaku pariwisata di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan terlebih dahulu dalam pemanfaatan kendaraan listrik tersebut.

"Sebelum keluarnya instruksi presiden, saya juga sudah minta untuk menganggarkan saya satu kendaraan listrik karena untuk memulai itu harus dari diri sendiri," ungkapnya.

Klungkung Sosialisasi Kendaraan Listrik

Suwirta mengaku, sebelum pandemi, pihaknya telah bertemu Menteri Perhubungan hingga Dirjen Perhubungan Darat untuk membahas dan menyosialisasikan mengenai kendaraan listrik. Hanya saja, hal tersebut tak bisa berlanjut dikarenakan adanya pandemi.

"Dulu masyarakat di sana sangat menyambut baik tapi keburu pandemi, padahal konvensi kendaraan dengan bahan bakar fosil ke listrik itu kami sudah siapkan," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, Presiden Jokowi telah meminta agar ke depannya seluruh destinasi wisata di Indonesia, khususnya Bali dapat menghadirkan wisata ramah lingkungan.

"Presiden sudah mengeluarkan Inpres bahwa kita nanti secara perlahan akan mengganti kendaraan-kendaraan menuju kendaraan berbasis baterai di destinasi wisata," paparnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, pertumbuhan kendaraan listrik di Bali kian bergeliat. Adapun total kendaraan listrik yang terdaftar di Bali berdasarkan data hingga tanggal 13 Juni 2022, yakni 1.060 unit.



Simak Video "Angels Billabong, Seru-seruan Berenang dan Bermain Air di Kolam Alami, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)