Kejuaraan Dunia Bulutangkis Digelar Agustus, Indonesia Kirim 16 Wakil

Tim detikSport - detikBali
Minggu, 31 Jul 2022 18:18 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - JULY 17: Anthony Sinisuka Ginting of Indonesia plays a forehand against Kodai Naraoka of Japan in their mens singles final match during the Singapore Open at the Singapore Indoor Stadium on July 17, 2022 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Foto: Pebulutangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting bakal tampil di Kejuaraan dunia bulutangkis 2022 di Tokyo, 22-28 Agustus (Getty Images/Yong Teck Lim)
Bali -

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan bergulir pada pertengahan Agustus. Pebulutangkis dari sejumlah negara di dunia bersaing untuk berebut gelar. Indonesia pun bakal mengirim 16 wakilnya.

Dilansir dari detikSport, turnamen yang masuk dalam grade 1 Badminton World Federation (BWF) ini diselenggarakan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang. Laga ini akan berlangsung selama sepekan, yakni 22-28 Agustus mendatang.

Dari total 47 National Olympic Committee (NOC), jumlah yang berpartisipasi berasal dari lima zona yaitu Afrika, Asia, Eropa, Oseania, dan Pan Am.


Indonesia yang masuk dalam zona Asia tercatat meloloskan 16 wakil, sekaligus menjadi negara terbanyak ketiga setelah India, dan Jepang sebagai tuan rumah. Negara yang terkenal dengan film Bollywood ini mengirim 17 wakil, sementara skuad Negeri Matahari Terbit mengirimkan 19 wakil.

Rinciannya, dari tunggal putra tercatat ada nama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Tommy Sugiarto. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo berstatus sebagai reserve 17.

Dari sektor tunggal putri ada nama Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Sementara dari sektor ganda putra, ada empat wakil yang lolos. Yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Dari sektor ganda putri, Indonesia meloloskan tiga wakil yakni Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Sementara itu, dari nomor ganda campuran terdiri Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, serta Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Di Kejuaraan Dunia tahun ini, Indonesia mengandalkan ganda putra untuk merebut gelar juara. Terakhir kali, ganda putra merebut gelar pada 2019 melalui Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sedangkan pada Kejuaraan Dunia 2020, kejuaraan tersebut ditiadakan, kemudian digelar kembali pada tahun berikutnya.

Namun, PBSI memutuskan menarik mundur seluruh skuadnya karena khawatir dengan varian baru virus COVID-19. Meski begitu, Indonesia sejauh ini masih tercatat sebagai negara kedua yang mendominasi perolehan gelar, selain China.

China tercatat sebagai negara paling dominan dengan meraih 67 medali emas. Sedangkan Indonesia, 23 medali emas, diikuti oleh Denmark dan Korea. Masing-masing mengumpulkan 11 dan 10 medali emas.



Simak Video "Kevin/Marcus Kalah, Netizen: Comeback Stronger"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)