Yuk Bisa Yuk! 5 Cara Tidur Cepat Agar Hidup Lebih Berkualitas

Tim detikJabar - detikBali
Senin, 18 Jul 2022 15:16 WIB
Ilustrasi wanita sulit tidur
Ilustrasi - Simak 5 cara tidur cepat yang bisa Anda coba agar hidup jadi lebih sehat dan berkualitas. Apa saja itu? (Foto: Getty Images/AsiaVision)
Bali -

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Bagaimana cara tidur cepat?

Setiap orang perlu istirahat yang cukup. Setelah menjalani rutinitas atau aktivitas sehari-hari, pastikan jam tidur Anda tidak terganggu agar hidup jadi lebih sehat dan berkualitas.

Tak sedikit orang yang mengeluh setiap malam lantaran sulit tidur. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mengantuk hingga tertidur.


Idelnya, setiap orang perlu tidur cukup selama 6-8 jam per hari. Tidur yang cukup juga membuat seseorang lebih mudah konsentrasi dan wajah lebih ceria.

Nah, inilah 5 cara tidur cepat yang bisa Anda coba sebagaimana dirangkum dari detikJabar:

1. Atur Pernafasan

Cara pertama yang bisa Anda coba agar cepat tidur adalah latihan pernapasan metode 4-7-8. Metode ini diadopsi dari praktek meditasi penggiat yoga di India berabad-abad lalu.

Caranya mudah. Pastikan kamar Anda sudah dalam suasana yang nyaman. Rebahkan tubuh di atas tempat tidur dan ambil posisi paling nyaman untuk tidur.

Selanjutnya, tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan selama tujuh detik, lalu keluarkan perlahan-lahan melalui mulut selama delapan detik. Ulangi terus hingga Anda merasa ngantuk atau tertidur.

2. Musik berirama lembut

Cara tidur cepat selanjutnya adalah dengan mendengarkan music berirama lembut. Metode ini menjadi cara jitu untuk membuat Anda cepat mengantuk. Pilihlah musik beritme lembut dan putar dengan volume sedang. Menurut penelitian, musik dengan tempo lambat 60 hingga 80 beat tiap menit bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

3. Matikan semua gadget

Cara tidur cepat berikutnya adalah dengan mematikan semua gadget sebelum tidur. Itu akan membuat Anda lebih rileks dan cepat mengantuk. Sebab, Anda menjadi tidak terfokus untuk melihat sosial media.

Selain itu, mematikan semua gadget dapat terhindar dari radiasi yang dapat membahayakan kesehatan.

4. Bayangkan tempat yang sunyi

Cara lain yang bisa bikin cepat tertidur adalah membanyangkan tempat atau situasi yang tenang dan sunyi. Hal itu dianggap lebih efektif mempercepat tidur. Metode ini pun telah diteliti pada tahun 2002 di University of Oxford.

5. Aroma terapi

Ciptakan suasana yang rileks dengan aroma terapi saat hendak tidur. Aroma lavender, misalnya, bisa menenangkan syaraf dan membuat lebih rileks.
Studi tahun 2005 dari Wesleyan University mengatakan bahwa seseorang yang mencium aroma minyak lavender selama 2-3 menit dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, Anda bisa bangun pagi dengan kondisi badan lebih segar.

Nah, itulah 5 cara tidur cepat yang bisa Anda coba. Yuk, bisa yuk! Semoga bermanfaat ya! Selamat tidur...



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)