Pujawali, Pura Luhur Lempuyang Ditutup untuk Wisatawan 8-12 Juni

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Senin, 30 Mei 2022 13:18 WIB
Wisatawan berfoto di candi bentar Pura Lempuyang, Karangasem
Foto: Wisatawan berfoto di candi bentar Pura Lempuyang, Karangasem. (istimewa)
Karangasem -

Pada minggu kedua bulan Juni 2022 para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bukit Lempuyang yang terletak di Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem sepertinya harus bersabar. Pasalnya akan ada penutupan sementara bagi kunjungan wisatawan dari tanggal 8 Juni sampai 12 Juni 2022.

Penutupan sementara untuk kunjungan wisatawan itu dilakukan lantaran akan digelar pujawali di Pura Sad Kahyangan Luhur Lempuyang, sehingga para wisatawan domestik maupun mancanegara tidak diperkenankan untuk melakukan kunjungan.

Hal itu dilakukan supaya para pemedek yang akan melakukan persembahyangan ke Pura Luhur Lempuyang lebih khusyuk, sehingga pujawali dapat berjalan dengan lancar.


Bendesa Adat Purwayu, I Nyoman Jati, Senin (30/5) menjelaskan, puncak upacara pujawali di Pura Sad Kahyangan Luhur Lempuyang jatuh pada 9 Juni 2022 mendatang. Dan saat ini seluruh persiapan upacara seperti bebantenan dan yang lainnya sudah mulai dipersiapkan oleh para prajuru desa.

"Sehingga berkaitan dengan adanya pujawali di Pura Luhur Lempuyang, kami dari pihak Desa Adat memohon kepada para wisatawan domestik maupun mancanegara agar menunda kunjungannya selama 5 hari dan setelah upacara selesai maka akan kembali dibuka seperti biasa," kata Nyoman Jati.

Berkaitan dengan hal tersebut, Nyoman Jati juga mengaku sudah disampaikan baik secara lisan maupun tertulis kepada para pemandu wisatawan agar menunda kunjungan ke Bukit Lempuyang dari tanggal 8 Juni sampai 12 Juni 2022.

"Langkah ini kita ambil supaya tidak terjadi penumpukan kunjungan disaat pujawali sehingga area parkir serta jalan digunakan khusus untuk para pemedek yang akan bersembahyang," ujar Nyoman Jati.

Nyoman Jati juga berharap supaya serangkaian pujawali di Pura Luhur Lempuyang dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun.



Simak Video "Warga Intaran Tolak Pembangunan Terminal LNG di Hutan Mangrove "
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)