Perahu Tenggelam, Nelayan Ditemukan Selamat Berlindung di Rumpon

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Selasa, 24 Mei 2022 13:42 WIB
Made Subagia alias Senger (45), saat dievakuasi oleh tim gabungan menuju ke daratan.
Made Subagia alias Senger (45), saat dievakuasi oleh tim gabungan menuju ke daratan. Foto: Istimewa
Buleleng -

Seorang nelayan asal Desa Bungkulan bernama Made Subagia alias Senger (45), ditemukan dalam keadaan selamat di perairan Pantai Lukluk, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (24/5).

Korban sempat dilaporkan hilang oleh pihak keluarga setelah tak kunjung balik dari kegiatannya melaut untuk mencari ikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Made Subagia berangkat dari rumahnya pada hari Senin (23/5) sekitar pukul 03.00 Wita, untuk melakukan aktivitas memancing. Namun hingga malam hari ia tidak kunjung kembali ke rumah.


Karena merasa khawatir dengan keselamatan korban, akhirnya pihak keluarga melaporkan hal tersebut kepada pihak desa dan Bhabinkamtibmas. Karena kondisi malam itu tidak mendukung, maka pencarian baru dilakukan pada pagi harinya.

Dalam pencarian tersebut melibatkan unsur SAR dari Basarnas, TNI AL, Polair Polres Buleleng, Polsek Sawan, Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan, BPBD Buleleng, perangkat desa, dan nelayan setempat.

"Hampir 24 jam belum kembali, maka itu diinformasikan ke Bhabin dan akhirnya mengajak semua aparat di desa, termasuk perbekel, kelompok nelayan, Polairud, TNI AL, serta Basarnas," kata Kasatpolair, AKP Wayan Parta, Selasa (24/5).

Dalam pencarian korban dibentuk 5 tim dengan dibantu 12 nelayan. Pencarian mulai dilakukan sejak pukul 05.00 Wita, Selasa (24/5).

Kemudian pada pukul 07.45 Wita, korban akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di rumpon merah putih oleh kelompok nelayan yang membantu pencarian korban saat itu.

Kata AKP Wayan Parta, lokasi korban ditemukan berada kurang lebih 25 KM dari arah kota Singaraja.

"Saat ditemukan korban selamat namun lemas, perahu milik korban tidak bisa diselamatkan," jelasnya.

Lanjut dijelaskan, penyebab terjadinya peristiwa itu akibat cuaca buruk sehingga terjadi kerusakan pada bagian perahu dan membuatnya tenggelam. Beruntung ia bisa berenang hingga mencapai rumpon dan selamat.

"Karena cuaca buruk, angin kencang dan ombak yang besar, perahunya mengalami kerusakan pada bagian katir kiri dan kanan sehingga membuat perahunya tenggelam, beruntung dia bisa menyelamatkan diri menggunakan patahan katir menuju rumpon. Saat ini kondisinya sudah membaik dan bisa berkumpul bersama keluarga" tukasnya.



Simak Video "Perahu Terbalik, 1 Warga di Subang Hilang Tenggelam"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)