Kopka Nyoman Terciduk Saat Hendak Ambil Sabu di Tabanan

Chairul Amri Simabur - detikBali
Rabu, 18 Mei 2022 21:31 WIB
Teman Kopka Nyoman, I Wayan Sudarma, yang kini ditahan dan disidik di Polres Tabanan.
Teman Kopka Nyoman, I Wayan Sudarma, yang kini ditahan dan disidik di Polres Tabanan. (Foto: Chairul Amri Simabur)
Tabanan -

Oknum anggota TNI, Kopral Kepala atau Kopka I Nyoman Suardika alias Nyoman (44) yang tersangkut kasus narkotika terancam hukuman paling lama 12 tahun penjara.

Oknum anggota Pembekalan Angkutan Kodam (Bekangdam) IX/Udayana dari Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung itu ditangkap pada Jumat (13/5/2022) sekitar pukul 00.45 WITA.

Selain Kopka Nyoman, tim dari Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Tabanan juga menangkap temannya yang berasal dari Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung atas nama I Wayan Sudarma (54).


Ia ditangkap bersama temannya, Wayan Sudarma alias Wayan (54) asal Dalung, Badung.

Sebelum ditangkap, Kopka Nyoman dibonceng Sudarma menuju Jalan Dharmawangsa untuk mengambil sabu-sabu seberat 0,28 gram bruto.

"Di JalanDharmawangsa (lokasi penangkapan) anggota (Satreskoba) melihat ada orang yang berdiri di tempat sepi dan lagi menyenter pakai handphone," ujar KapolresTabanan,AKBPRanefli Dian Candra, Rabu (18/05/2022).

Karena gelagatnya yang mencurigakan, seperti mencari sesuatu dengan senter di pinggir jalan yang sepi, anggota Satresnarkoba mendekatinya.

"Begitu didatangi (mereka) langsung kabur dan anggota melihat ada (barang) yang dibuang," ungkapnya.

Kopka Nyoman dan Sudarma akhirnya bisa terkejar tidak jauh dari lokasi awal saat menyalakan senter.

"Begitu dicek barang buktinya dan handphonenya, tersangka tidak bisa mengelak. Bahwa yang bersangkutan baru habis mengambil sabu-sabu yang beratnya 0,28 gram dan ditempel di tempat itu (pinggir Jalan Dharmawangsa)," jelas Nefli.

Saat diinterogasi, barulah diketahui Kopka Nyoman seorang anggota TNI aktif. Sehingga pagi itu juga, penyidik Satreskoba Polres Tabanan melakukan pelimpahan kepada Denpom IX/Udayana untuk proses hukumnya.

"Paginya yang bersangkutan (Kopka Nyoman) dijemput petugas dari Denpom," jelasnya.

Sementara teman Kopka Nyoman, Sudarma, tetap menjalani proses penyidikan di Polres Tabanan. (*)



Simak Video "BNN Benarkan soal Penangkapan Oknum TNI Terkait Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)