3 Rekomendasi Tempat Wisata Unggulan di Danau Toba

3 Rekomendasi Tempat Wisata Unggulan di Danau Toba

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Sabtu, 05 Nov 2022 16:26 WIB
1.

3 Rekomendasi Tempat Wisata Unggulan di Danau Toba

3 Rekomendasi Tempat Wisata Unggulan di Danau Toba
Pesona wisata di Danau Toba. (Foto: Dokumen Disparpora Kabupaten Humbang Hasundutan)
Medan -

Danau Toba memang terus menawarkan pesona yang membuat wisatawan asing maupun lokal selalu ingin kembali berkunjung ke sana. Budaya yang memikat dan juga alam indah selalu menjadi daya tarik.

Mulai dari Parapat sampai ke Pulau Samosir mempunyai objek wisata bagus untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi tiga tempat wisata unggulan yang sayang kamu lewatkan jika berkunjung ke Danau Toba.

1. Kampung Ulos Hutaraja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam melakukan revitalisasi Kampung Ulos Hutaraja Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Kawasan budaya tersebut terkenal sebagai pusat kerajinan tenun Ulos di Pulau Samosir yang selama ini dikenal sebagai salah satu desa wisata unggulan di Destinasi Pariwisata Super  Prioritas (DPSP) Danau Toba, di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).Kampung Ulos Hutaraja di Danau Toba. (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Objek wisata ini merupakan satu kampung adat yang masih mempertahankan tradisi dan budaya Batak. Tempat ini bernama Kampung Ulos Hutaraja berada di Desa Lumban Suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.


Untuk menuju desa adat ini, kamu bisa melakukan perjalanan melalui Parapat dari pelabuhan Ajibata dan menyebarang ke pelabuhan Ambarita. Perjalanan menuju objek wisata ini memakan waktu kurang lebih 45 Menit dari pelabuhan Ambarita.

Di kampung ini kita bisa melihat secara langsung keahlian menenun ulos kaum perempuan di sana. Tak hanya itu, kita juga bisa sekaligus belajar menenun ulos.

Di sana juga terdapat beberapa rumah bolon. Untuk wisatawan yang ingin menginap juga disediakan rumah bolon yang dijadikan sebagai homestay.

Sebelumnya, Pemerintah melalui kementerian PUPR baru saja selesai menata ulang kampung ini agar semakin menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung.