Serunya Arung Jeram di Sungai Peusangan, Bila Beruntung Ketemu Gajah

Aceh

Serunya Arung Jeram di Sungai Peusangan, Bila Beruntung Ketemu Gajah

Agus Setyadi - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 20:10 WIB
Arung Jeram di Sungai Peusangan
Foto: Arung Jeram di Sungai Peusangan (Istimewa)
Bener Meriah -

CRU DAS Peusangan dijuluki sebagai 'little Africa'. Di lokasi ini, traveler selain bermain dengan gajah juga dapat mencoba keseruan berarung jeram.

Lokasi CRU terletak di Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Aceh. Tempat ini berjarak sekitar enam kilometer dari jalan Bireuen-Takengon.

Bila traveler berangkat dari arah Bireuen, pintu masuk ke CRU ada di sebelah kanan jalan nasional. Lokasi pintu masuk itu berjarak sekitar 7 kilometer dari gerbang perbatasan Bireuen-Bener Meriah


Wisatawan yang ingin ke CRU dapat memarkirkan kendaraan tak jauh dari jalan nasional, kemudian dijemput tim CRU dengan mobil pikap.

Jalan menuju CRU belum mulus. Traveler harus melintas di jalan berbatu serta melewati beberapa sungai kecil. Perjalanan ke CRU terbilang menantang.

Ketika tiba, traveler dapat menikmati pemandangan di CRU. Setelah itu, traveler diajak ke sungai untuk bermain dan melihat gajah dimandikan.

Traveler yang datang ke CRU direkomendasikan untuk mencoba arung jeram. Rafting di sana dengan menyusuri sungai Krueng Peusangan.

Khusus untuk rafting dikelola oleh Bentang Adventure. Ada beberapa paket arung jeram yang ditawarkan di sana mulai family, elephant rafting hingga ekstrim.

Titik dimulai pengarungan berbeda setiap paket tersebut. Tantangan setiap paket itu juga berbeda-beda. Pastinya masing-masing paket itu punya keseruan tersendiri.

Bila ingin bermain dengan gajah sebelum pengarungan, traveler disarankan mencoba paket elephant rafting. detikSumut mencoba paket ini dalam kegiatan Event Wisata Adventure 2022.

Untuk biaya elephant rafting dibanderol Rp 250 ribu perorang. Biaya itu sudah termasuk penjemputan dari jalan nasional, makan siang hingga pengantaran dari titik finish ke tempat mobil parkir.

Sementara untuk paket family dibanderol Rp 150 ribu perorang. Paling mahal paket ekstrim yakni Rp 350 ribu perorang.

"Paket expert ini dimulai dari perbatasan Aceh Tengah dengan Bener Meriah hingga ke perbatasan Bener Meriah-Bireuen. Itu jaraknya 21 kilometer," kata perwakilan Bentang Adventure, Riki kepada wartawan.

Menurut Riki, artis Chiko Jeriko pernah mencoba paket ekstrim tersebut saat syuting sebuah program televisi. Dia menjelaskan, tamu yang mencoba rafting di sana berasal dari wisatawan lokal, nusantara hingga mancanegara.

"Kalau rezeki bisa melihat gajah liar saat arung jeram. Selain gajah jinak di daerah ini juga banyak gajah liar," jelas Riki.

Riki mengatakan, dia pernah bertemu dengan gajah liar saat membawa tamu rafting dari luar negeri. Mereka melihat kawanan satwa berbelalai itu sedang mandi di sungai yang menjadi rute rafting.

"Tapi kawanan gajah liar ini tidak mengganggu kita. Jadi satu-satunya CRU yang ada rafting cuma di sini," ujarnya.



Simak Video "Keren! Jualan Mie Aceh Pakai Bus Mercedes-Benz 508D"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/afb)