Sandiaga: Pariwisata Indonesia Naik Peringkat, Kalahkan Malaysia

Sandiaga: Pariwisata Indonesia Naik Peringkat, Kalahkan Malaysia

Kartika Sari - detikSumut
Selasa, 20 Sep 2022 20:45 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Medan
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno di Medan (Kartika/detikSumut)
Medan -

Peringkat pariwisata Indonesia naik pesat tahun ini. Bahkan dalam waktu 18 bulan, peringkat wisata Indonesia berada di urutan 32 dari sebelumnya berada di urutan 44.

"Tahun ini Kemenparekraf mencapai penghargaan bahwa peringkat pariwisatanya naik 12 peringkat dalam 18 bulan terakhir. Sekarang kita ada di atas Malaysia, Thailand, dan Vietnam untuk pertama kalinya," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno saat jumpa UMKM di Pendopo Khadijah Medan, Selasa (20/9/2022).

Dikatakan Sandiaga, meroketnya peringkat ekonomi kreatif Indonesia menunjukkan potensi pariwisata lokal yang terus menunjukkan kejayaannya.


"Jadi kalau emak-emak kalau berlibur itu liburannya ya ke Danau Toba atau ke Berastagi maupun Parapat. Bisa ke Bukit Lawang, nah ke Aceh juga bagus itu," ujarnya.

Memiliki potensi wisata yang bagus, Sandiaga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia khususnya warga Sumut tak perlu lagi harus ke luar negeri untuk berlibur.

"Jangan sedikit-sedikit ke Kuala Lumpur, Singapura, Penang. Semua kita cari di Indonesia saja," ujarnya.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mengatakan bahwa saat ini ekonomi kreatif Indonesia juga masuk peringkat ketiga dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

"Kita sekarang posisi tiga dunia. Ke depannya harus mulai nonton Drabat (Drama Batak) atau Drama Emak-emak. Kalau lagunya yang Maulana Ya Maulana ya," pungkasnya.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)