7 Lokasi Camping di Sekitar Medan, Seru dan Murah

Nizar A - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 10:26 WIB
Rekomendasi tempat camping.
Camping di Pantai Muara Indah. (Foto: Nizar Aldi/detikSumut)
Medan -

Berkemah atau camping kian populer di kalangan travellers dalam beberapa tahun belakangan ini. Hampir semua kalangan usia menyukai ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Bagi sebagian orang, berkemah merupakan cara untuk me-refresh diri dari penatnya aktivitas sehari-hari di perkotaan. Sehingga lokasi berkemah biasanya dipilih di daerah-daerah yang jauh dari kota dan bernuansa alam bebas.

Bagi warga Medan, terdapat beberapa lokasi berkemah yang bisa diakses dengan mudah. Bisa di pantai, hutan, danau hingga gunung. Lokasi tersebut berada di sekitar Kota Medan dan dapat ditempuh hanya dengan waktu mulai 1 jam hingga 3 jam perjalanan saja.


Kalau kamu masih bingung menentukan lokasi berkemah yang ada di sekitar Medan, berikut kami rangkum 7 lokasi berkemah di sekitar Medan:

1. Bumi Perkemahan Sibolangit

Bumi perkemahan Sibolangit terletak di jalur lintas Medan-Berastagi, tepatnya di Kecamatan Sibolangit. Jarak tempuh dari Medan sekitar 1 jam 30 menit, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang tersedia banyak.

Di sini, banyak spot untuk mendirikan tenda yang kamu bawa. Mulai di lapangan yang datar, di perbukitan, maupun di pinggir sungai yang terdapat di bagian dalam lokasi ini. Kamu akan dikenakan biaya tergantung lokasinya, sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per orangnya.

2. Gunung Sibayak

Rekomendasi tempat camping.Camping di Gunung Sibayak Foto: Nizar Aldi/detikSumut

Gunung Sibayak yang terdapat di Berastagi, Kabupaten Karo. Jarak dari medan sekitar 63 km dari Medan, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Bisa di tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum hingga ke pos penjagaan, kemudian dari situ kamu harus tracking untuk sampai ke lokasi perkemahan.

Ada dua lokasi yang bisa kamu pilih untuk mendirikan tenda, di pos penjagaan terakhir atau bisa juga di puncak yang dekat dengan kawah Gunung Sibayak. Kamu bisa memilih mau mendirikan tenda di bagian mana, sesuai dengan pertimbangan masing-masing.

Gunung Sibayak menjadi salah satu pilihan favorit untuk pendakian pendaki pemula, karena jalur trackingnya tidak terlalu sulit. Ditambah lagi panorama alam yang sangat memukau saat kita sudah berada di areal puncak Gunung Sibayak.

3. Pantai Muara Indah

Jika kamu ingin berkemah di pinggir pantai, kamu bisa memilih lokasi di Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang. Lokasi perkemahannya tepat di Pantai Muara Indah, Desa Denai Kuala.

Jarak dari Kota Medan sekitar 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit. Kamu bisa mendirikan tenda di bawah pohon yang rimbun di pinggir pantai timur Sumatera tersebut.



Simak Video "Camping hingga Hiking Jadi Favorit Healing Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]