Bengkulu

Yuk Intip Pesona Air Terjun Panas dan Dingin di Bengkulu

Hery Supandi - detikSumut
Senin, 08 Agu 2022 10:21 WIB
Air terjun panas dingin di Rejang Lebong, Bengkulu. Air terjun ini memiliki panjang 85 meter. (Hery Supandi/detikSumut)
Air terjun panas dingin di Rejang Lebong, Bengkulu. Air terjun ini memiliki ketinggian 85 meter. (Hery Supandi/detikSumut)
Bengkulu -

Desa Belitar Seberang di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu memiliki pesona alam yang unik. Tak heran jika desa ini masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kenapa unik, karena air terjun yang memiliki ketinggian 84 meter itu memiliki dua jenis air berbeda yakni panas dan dingin. Untuk air panasnya langsung keluar dari mata air.

Di sana ada dua air terjun,warga setempat memberikan nama air terjun yang memiliki suhu panas yakni Pesona Dewi, sedangkan untuk air terjun yang bersuhu dingin dinamakan Tri Sakti yang mewakili laki laki.


Lokasi air terjun ini cukup jauh dari Kota Bengkulu, butuh waktu perjalanan hingga tiga jam menggunakan kendaraan. Bukan hanya, untuk menjangkau air terjun unik ini pengunjung diwajibkan berjalan kaki selama 20 menit.

Sejumlah pengunjung saat mempersiapkan kegiatan outbond di air terjun  Tri Sakti (Hery Supandi/detikSumut)Sejumlah pengunjung saat mempersiapkan kegiatan outbond di air terjun Tri Sakti (Hery Supandi/detikSumut)

Tapi jangan khawatir berjalan kaki selam 20 menit tidak akan terasa berat. Sebab, kamu akan disuguhkan pemandangan indah selama perjalanan begitu juga dengan keindahan air terjunnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Blitar Seberang, Hendrik Hendiks menjelaskan jalan yang harus ditempuh oleh pengunjung untuk bisa menjangkau lokasi air terjun adalah dengan cara menuruni anak tangga sekitar 20 menit.

Saat diperjalanan, kata dia, pengelola juga telah memberikan tanda sebagai lokasi spot untuk berfoto.

"Nah sebelum sampai ke air terjun Tri Sakti akan melintasi air terjun Pesona Dewi, di
sini pengunjung bisa berendam air dengan suhu yang panas. Saat sampai pada air terjun Tri Sakti, pengunjung bisa mandi dan menggunakan fasilitas arum jeram yang disediakan," ungkap Hendrik, akhir pekan kemarin.

Jika berkunjung ke Air Terjun Air Panas Trisakti wisatawan tak perlu khawatir, karena pengelola sudah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti kamar mandi umum, persewaan alat untuk arung jeram, outbond, mushola. Kalau merasa lapar, ada juga tempat untuk membeli makan.

Menparekraf Sandiaga Uno Melakukan Sayembara untuk Air Terjun Tri Sakti dan Pesona Dewi. Baca Halaman Berikutnya:



Simak Video "Pesona Air Terjun Madakaripura, Konon Tempat Gajah Mada Bertapa"
[Gambas:Video 20detik]