2 Tahun Vakum, Festival Tabut Kembali Digelar di Bengkulu

Bengkulu

2 Tahun Vakum, Festival Tabut Kembali Digelar di Bengkulu

Hery Supandi - detikSumut
Sabtu, 30 Jul 2022 15:27 WIB
Festival Tabut di Bengkulu kembali digelar.
Festival Tabut di Bengkulu kembali digelar. (Foto: Hery Supandi/detikSumut)
Bengkulu -

Festival Tabut yang kerap dilakukan setiap kali bulan Muharram kembali digelar di Bengkulu. Agenda tahunan ini sempat terhenti dua tahun karena pandemi COVID-19.

Festival Tabut 2022 resmi dibuka pada Jumat (29/7) malam. Rangkaian festival ini diawali dengan proses Pamit Rajo Agung oleh Keluarga Kerukunan Tabut Bencoolen di Balai Raya Semarak Bengkulu. Festival ini sendiri akan berlangsung selama 10 hari ke depan.

"Kita memberikan apresiasi karena secara hirarkinya sebelum melakukan rangkaian ritual Tabut, mereka pamit dengan Rajo Agung (Gubernur Bengkulu). Kami menerima dengan baik kemudian memberikan izin untuk memulai rangkaian festival tabut," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Sabtu (30/7/2022).


Ketua Keluarga Kerukunan Tabut Bencoolen, Syafril menjelaskan, festival itu dilakukan untuk menyambut dan merayakat tahun baru Islam. Dia mengapresiasi pihak panitia yang telah mempersiapkan festival ini.

"Lantaran dua tahun tidak melaksanakan kegiatan Festival Tabut secara terbuka akibat pandemi COVID-19, sehingga persiapan yang ada terbilang belum maksimal," jelas Syafril.

Syafril juga menegaskan bahwa tidak ada unsur syirik atau keramat dalam rangkain prosesi ritual Tabut Bengkulu.

"Dalam prosesi ini tidak ada mantra, yang ada salam atau sholawat kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan memanjatkan doa kepada Allah SWT," ungkap Syafril.

Festivat Tabut atau Tabot akan diisi dengan berbagai macam acara. Agenda ini biasanya menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.



Simak Video "Sambut Tahun Baru Islam, Pelajar di Sidrap Gelar Pawai Obor"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)