Taman Anggrek Sri Soedewi, Tempat Bermain dan Wisata Edukasi Warga Jambi

Ferdi Almunanda - detikSumut
Sabtu, 30 Jul 2022 14:20 WIB
Berwisata di Taman Anggrek Sri Soedewi, Jambi.
Berwisata di Taman Anggrek Sri Soedewi, Jambi. (Foto: Ferdi Almunanda/detikSumut)
Jambi -

Taman Anggrek Sri Soedewi merupakan taman yang dikembangkan untuk menjadi taman agrowisata dan edukasi bagi masyarakat Jambi. Taman anggrek ini dibangun atas usulan Sri Soedewi Masjchun Sofwan yang merupakan istri dari mantan Gubernur Jambi Masjchun Sofwan.

Di lokasi taman anggrek ini terdapat jenis bunga anggrek yang sangat langka ditemukan. Dulunya, taman anggrek ini dibangun untuk tempat pembudidayaan anggrek saja, namun taman ini kini sudah dibuka untuk umum.

Semakin lama taman anggrek ini mulai ditingkatkan kualitas lingkungannya dengan melakukan revitalisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada 2019 silam oleh Pemprov Jambi.


Di taman ini terdapat beberapa lokasi untuk warga yang akan bermain maupun sekedar bersantai disana. Namun jika ingin melihat seluruh keindahan di dalam taman anggrek, warga membayar tiket sebesar Rp 3.000 sampai Rp 4.000 ribu rupiah per orang.

Berwisata di Taman Anggrek Sri Soedewi, Jambi.Berwisata di Taman Anggrek Sri Soedewi, Jambi. (Foto: Ferdi Almunanda/detikSumut)

Salah seorang pengunjung bernama Rika Suci mengatakan jika di taman anggrek ini memang menjadi lokasi wisata bermain dan belajar bagi warga. Banyak mahasiswa menjadikan lokasi taman anggrek ini sebagai tempat studi dalam mengenal tanaman anggrek.

"Kalau dibandingkan dulu kan jauh berbeda, sejak 2019 di bagian luar taman ini sudah dijadikan RTH. Jadi di taman anggrek ini mulai makin indah, karena ada jembatannya yang dulu tidak ada. Lalu ada tempat santai-santainya juga meski itu hanya di bagian luar taman, karena kalau masuk itu mesti bayar dan kita bisa lihat koleksi anggrek disana," katanya kepada detikSumut, Sabtu (30/7/2022).

Di dalam taman anggrek itu warga bisa melihat berbagai jenis anggrek di antaranya ada 85 jenis anggrek alam, 7 jenis anggrek tanah, dan 50-an jenis anggrek hibrida. Semua anggrek di sini dirawat secara teratur oleh pengurus taman anggrek di bawah naungan Pemprov Jambi.

"Kalau melihat secara dekat anggrek-anggrek disitu pasti sangat indah. Karena ada banyak tanaman anggrek nya kan," ujar Rika.

Taman anggrek Sri Soedewi Jambi ini sebelum di revitalisasi telah diresmikan oleh Tien Soeharto pada 4 April 1984 silam. Selain menjadi taman agrowisata dan edukasi bagi masyarakat Jambi, taman anggrek ini juga sangat di rekomendasikan bagi Anda yang gemar berkebun, apalagi bagi Anda yang sangat mencintai tanaman khususnya bunga anggrek.

Anggrek-anggrek yang ada di Taman ini hampir semuanya sudah berusia puluhan tahun. Bahkan, di taman anggrek ini juga terdapat satu unit laboratorium serta kolam air seluas 500 meter persegi.

Saat akhir pekan, taman ini banyak dikunjungi oleh masyarakat yang hanya ingin sekadar melepas penat. Bahkan tak jarang juga dikunjungi oleh para kolektor tanaman eksotis ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke taman anggrek ini, lokasinya ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Telanapura, Kota Jambi. Taman ini juga berada di sekitar komplek perkantoran Pemprov Jambi. Taman anggrek ini dibuka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 17.30 WIB.



Simak Video "Ratusan Pelaku Judi Online-Offline di Jambi Diringkus Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)